Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A53 5G - Spesifikasi & Harga

Pada ulasan kali ini penulis akan memberikan informasi secara lengkap mengenai kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A53 5G.

Samsung Galaxy A53 5G dirilis pada bulan Maret 2022 yang masuk ke segmen kelas menengah, dimana ponsel ini membawa chipset bertenaga namun dibanderol dengan harga terjangkau, yaitu Rp5 jutaan saja. Sebagaimana yang diketahui bahwa ponsel ini mengisi line up Galaxy A series, dimana seri Galaxy A ini menawarkan keseimbangan antara perfoma dan harga yang diberikan.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A53 5G

Bagaimana tidak, dengan harga tersebut Anda sudah bisa menikmati perfoma mumpuni di kelasnya, kamera yang cantik, baterai berkapasitas besar, memori yang melegakan, panel layar yang digunakan sudah Super AMOLED dan masih banyak lagi.

Pada ulasan kali ini penulis akan memberikan informasi secara lengkap mengenai kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A53 5G beserta spesifikasi dan harganya. Penasaran dengan apa saja yang akan dibahas? Langsung saja simak artikel di bawah ini.

Kelebihan Samsung Galaxy A53 5G

Kelebihan Samsung Galaxy A53 5G

1. Desain

Soal desain mungkin Samsung Galaxy A series ini terbilang sangat mirip seperti halnya Samsung Galaxy A33 5G, Samsung Galaxy A23Samsung Galaxy A13 dan Galaxy A series lainnya. Dimana, ia masih mengandalkan desain Ambient Edge, corak ini terdapat pada modul kameranya. Modul tersebut punya tonjolan, namun perpotongan antar modul serta penutup belakang dibuat secara seamless.

Tak hanya mempertahankan desain yang begitu khas, kualitas dari ponsel ini juga cukup baik. Pasalnya, ia sudah mengantongi sertifikasi IP67 yang tahan terhadap debu dan air hingga kedalaman 1 meter selama 30 menit. Kemudian, layar dari si ponsel juga sudah dilengkapi dengan Corning Gorilla Glass 5.

Untuk warnanya juga cukup beragam seperti Awesome Black, Awesome Blue, Awesome White, dan juga Awesome Peach. Sementara itu, ponsel ini memiliki dimensi 159.9 x 75.1 x 8.4 mm dengan berat 189 gram.

2. Layar Super AMOLED

Samsung Galaxy A53 5G juga sudah menggunakan panel layar Super AMOLED dengan bentang 6,51 inci beresolusi Full HD+ alias 1080 x 2400 piksel. Layar tersebut juga sudah didukung refresh rate tinggi 120 Hz yang akan membuat pengalaman scrolling menjadi lebih mulus, entah itu digunakan pada saat bermain game dan scrolling media sosial.

Kendati demikian, refresh rate pada ponsel yang satu ini belum menganut konsep adaptif dikarenakan absennya teknologi LTPO. Di dalam menu Settings hanya tersedia mode “High” untuk mengaktifkan refresh rate 120 Hz secara konstan, dan terdapat juga mode “Standard” untuk memilih setelan refresh rate 60 Hz.

Jika ingin digunakan di luar ruangan, maka ponsel ini masih sangat bisa untuk diandalkan. Bagaimana tidak, ia sudah memiliki tingkat kecerahan hingga 800 nit.

3. Speaker Stereo

Memang sudah sewajarnya jika ponsel kelas menengah apalagi di harganya yang sudah mencapai Rp5 jutaan menggunakan speaker stereo. Apalagi jika Anda yang memang sangat suka dalam menonton video ataupun streaming dan mendengarkan musik tanpa harus menggunakan earphone, tentu saja kualitas audio patut untuk dipertimbangkan.

Untungnya, Samsung Galaxy A53 5G sudah dibekali dengan speaker stereo. Dilansir dari beberapa sumber yang sudah diuji, kelanyangan suara speaker stereo dari ponsel ini cukup baik (26.5 LUFS).

4. Kamera 64 MP

Terdapat 4 (empat) kamera yang diberikan oleh si ponsel di bagian belakang bodi. Dimana, beberapa kamera tersebut terdiri dari lensa utama berkemampuan 64 MP (f/1.8), lensa ultrawide 12 MP (f/2.2), lensa makro 5 MP (f/2.4), hingga lensa depth alias kedalaman beresolusi 5 MP (f/2.4). Semua kamera di bagian belakang itu juga sudah ditemani dengan 1 (satu) lampu flash, berfungsi untuk membantu penerangan.

Kamera utama dari Samsung Galaxy A53 5G ini menggunakan sensor dari Sony IMX682, dan juga dibekali dengan teknologi OIS (Optical Image Stabilization). Sementara itu, kamera selfie dari si ponsel memiliki resolusi 32 MP pada bukaan f/2.2.

Untuk perekam video, kamera belakang dan kamera depan sama-sama bisa merekam video hingga resolusi 4K pada 30 fps.

5. Perfoma

Lagi dan lagi Samsung masih menyematkan SoC (System on Chip) buatan sendiri yaitu Exynos 1280. SoC (System on Chip) dari Samsung ini mengandung 8 (delapan) inti CPU dengan pembagian 2 (dua) klaster. 

Klaster pertama ada 2 (dua) inti efisiensi Cortex A78 (2,4 GHz), dan kedua ada 6 (enam) inti efisiensi Cortex A55 (2,0 GHz). CPU tersebut juga sudah tergabung dengan berbagai komponen, salah satunya adalah GPU Mali G68, melalui proses fabrikasi 5 nanometer.

Dengan SoC (System on Chip) yang digunakan oleh Samsung tersebut, pengguna bisa menjalankan game PUBG Mobile dan COD Mobile dengan setelan grafis Medium dan frame rate Medium.

6. RAM Plus

Samsung Galaxy A53 5G hadir dengan 2 (dua) varian yaitu RAM 8 GB dan penyimpanan internal 128 GB maupun RAM 8 GB dan penyimpanan internal sebesar 256 GB. Tidak hanya itu, ia juga sudah dibekali dengan teknologi RAM Plus, dimana fitur tersebut bisa memperluas RAM mulai dari 6 GB hingga 8 GB yang diambil dari penyimpanan internal.

Jika sewaktu-waktu penyimpanan internal pada ponsel ini dirasa penuh, maka pengguna tidak perlu khawatir. Sebab, Samsung sudah menyediakan slot microSD hingga 1 TB.

7. Baterai

Kemudian, ponsel ini juga sudah dibekali dengan baterai berkapasitas besar yaitu 5.000 mAh yang sudah mengalami peningkatan dari pendahulunya yang hadir dengan baterai berkapasitas 4.500 mAh. Samsung mengklaim bahwa baterai yang ditanamkan pada ponsel ini bisa bertahan hingga 2 (dua) harian.

Oh iya, Samsung Galaxy A53 5G  juga sudah dilengkapi dengan fitur fast charging 25W. Dengan hadirnya fitur tersebut, proses pengisian daya dari 0% hingga 100% hanya membutuhkan waktu kurang lebih 84 menit saja.

8. Fitur NFC

Bukan hanya itu saja, Samsung Galaxy A53 5G juga turut menghadirkan fitur NFC (Near Field Communications) di dalam ponsel ini. Perlu diketahui, fitur NFC akan membantu pengguna dalam mengecek saldo eMoney dengan mudah, melakukan pembayaran digital, hingga memudahkan pengguna dalam melakukan transfer data, berbagi kontak, hingga menghubungkan 2 (dua) perangkat.

Kekurangan Samsung Galaxy A53 5G

Kekurangan Samsung Galaxy A53 5G

1. Tidak Ada Charger

Ponsel kelas menengah ini tidak jauh berbeda dengan beberapa Samsung lainnya ketika berbicara mengenai kotak penjualannya. Sebab, di dalam kotak penjualan si ponsel Anda tidak akan mendapatkan charger 25W dan harus membelinya secara terpisah.

Samsung tidak menghadirkan charger dikarenakan mereka sangat peduli terhadap lingkungan. Tidak hanya itu, tidak menghadirkan charger juga dilakukan untuk menjual ponsel ini dengan harga serendah mungkin.

2. Jack Audio Absen

Cukup disayangkan Samsung Galaxy A53 5G tidak dibekali dengan 3,5 mm jack audio yang bisa dimanfaatkan ketika ingin mendengarkan lagi ataupun film menggunakan earphone. Akan tetapi, hal tersebut tidak menjadi masalah dikarenakan pengguna bisa beralih menggunakan earphone TWS ataupun earphone yang menggunakan colokkan USB Type-C.

Spesifikasi Samsung Galaxy A53 5G

Spesifikasi Samsung Galaxy A53 5G

  • Warna : Awesome Black, Awesome Blue, Awesome White, Awesome Peach.
  • Dimensi : 159.6 x 74.8 x 8.1 mm.
  • Berat : 189 gram
  • Layar : Super AMOLED 120 Hz, 1080 x 2400 piksel, 6.5 inci.
  • Chipset : Exynos 1280 5G (5 nm).
  • GPU : Mali-G68.
  • RAM : 8 GB  + 6-8 GB Fitur RAM Plus.
  • ROM : 128 GB / 256 GB.
  • OS : Android 12, One UI 4.1.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, fast charging 25W.
  • Kamera Belakang : 64 MP + 12 MP + 5 MP + 5 MP.
  • Kamera Depan : 32 MP.

Harga Samsung Galaxy A53 5G

Harga Samsung Galaxy A53 5G

Pembahasan selanjutnya adalah masalah harga, dimana Samsung Galaxy A53 5G dibanderol dengan harga Rp5.799.000 rupiah untuk varian RAM 8 GB dan penyimpanan internal sebesar 128 GB. Kemudian, untuk varian RAM 8 GB dan penyimpanan internal 256 GB dibanderol dengan harga Rp6.799.000 rupiah. Jika tertarik untuk membelinya, gunakan saja link pembelian di bawah ini agar mendapatkan harga termurah.

Sangat menyukai hal-hal yang berhubungan dengan teknologi, khususnya smartphone. Saat ini menjadi penulis aktif di Ponselesa.com.

Posting Komentar

© Ponselesa.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain