0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

10 Aplikasi Baca Novel Gratis Tanpa Beli Koin di Android & iOS

Dengan berkembangnya teknologi seperti sekarang ini, ada banyak sekali kegiatan yang dapat dilakukan untuk mengisi waktu luang. Salah satunya adalah dengan membaca novel, dulu mungkin Anda hanya bisa membaca novel dalam bentuk buku yang tentunya harus mengeluarkan uang untuk membelinya, mungkin ada juga sebagian orang yang meminjamnya di teman.

Aplikasi Baca Novel Gratis Tanpa Beli Koin

Kini, terdapat banyak sekali pilihan aplikasi baca novel gratis tanpa beli koin yang bisa diunduh melalui perangkat Android maupun iOS. Oh iya, mungkin diantara Anda pernah mengunduh aplikasi baca novel, lalu pada episode berikutnya diharuskan untuk berlangganan atau membeli koin agar bisa melanjutkan episode tersebut.

Beruntung, saat ini Anda tidak perlu melakukan hal tersebut apalagi mengeluarkan uang. Jika Anda memiliki budget lebih sih memang tidak menjadi masalah. Tetapi, jika Anda masih serba kekurangan, ada baiknya manfaatkan beberapa aplikasi baca novel gratis tanpa beli koin yang akan penulis jabarkan melalui ulasan ini.

10 Aplikasi Baca Novel Gratis Tanpa Beli Koin

Nah, dengan hadirnya aplikasi ini di Google Play Store maupun App Store. Tentu saja akan membantu banyak orang untuk membaca novel tanpa harus membeli koin. Bahkan, terdapat juga beberapa cerita yang dihadirkan seperti romantis, horror, fiksi, misteri, psikologi, dan lain sebagainya. Penasaran dengan apa saja aplikasinya? Langsung saja simak ulasan berikut!

1. NovelToon

NovelToon - Aplikasi Baca Novel Gratis Tanpa Beli Koin

NovelToon merupakan sebuah platform webnovel gartis, pengguna juga bisa menemukan berbagai jenis novel menarik seperti romantis, modern, fantasi, komedi, time travel, dan kehidupan sekolah. Aplikasi ini juga mengklaim bahwa mereka memiliki setidaknya 400.000 cerita yang bisa dinikmati oleh pengguna secara gratis tanpa harus beli koin.

Bukan hanya sekedar membaca novel saja, pengguna juga bisa kok untuk menjadi penulis di dalam platform ini. Apalagi, NovelToon sedang mencari author berbakat untuk menulis novel di platform ini. Apabila nantinya novel yang Anda terbitkan disukai oleh penggemar, maka Anda akan mendapatkan imbalan yang melimpah serta e-book dan mungkin akan diadaptasi menjadi komik.

Hingga saat ini, NovelToon sudah diunduh lebih dari 10 juta unduhan dan mendapatkan rating yang sangat baik yakni 4,4 bintang dari 121 ribu ulasan pengguna aktif. 

2. Hinovel

Hinovel - Aplikasi Baca Novel Gratis Tanpa Beli Koin

Hinovel adalah sebuah aplikasi novel yang berkualitas, konten yang lengkap, update konten yang cukup cepat. Membaca novel di dalam aplikasi ini, tentu saja Anda bisa membaca konten novel yang Anda sukai seperti romansa, warewolf, vampire, misteri, fantasi, dan masih banyak lagi yang dapat dinikmati.

Keunggulan dari aplikasi Hinovel ini adalah mereka selalu melakukan update konten setiap harinya demi kenyamanan pengguna. Selain itu, pengguna juga dapat melakukan check in harian untuk mendapatkan koin secara gratis. Sehingga, Anda tidak perlu membeli koin dengan mengeluarkan uang lagi.

Sebuah aplikasi yang dirilis pada tahun 2019 lalu ini sudah diunduh lebih dari 5 juta unduhan dan mendapatkan rating yang cukup baik yaitu 4,0 bintang dari 67 ribu ulasan pengguna aktif. Jika Anda tertarik untuk menggunakannya, langsung saja unduh Hinovel melalui Google Play Store maupun App Store.

3. Innovel

Innovel - Aplikasi Baca Novel Gratis Tanpa Beli Koin

Innovel besutan Dreame Media ini adalah salah satu aplikasi baca novel gratis tanpa beli koin yang cukup populer di kalangan banyak orang. Hal ini memang wajar, mengingat Innovel memiliki antarmuka yang cukup simpel dan mudah digunakan, serta ada beberapa novel yang bisa dibaca secara offline alias tanpa koneksi internet.

Akan tetapi, Innovel berfokus pada genre romantis. Untuk itu, tidak heran jika banyak judul maupun cerita yang berjerumus ke genre romantis. Bahkan, logo dari aplikasi Innovel juga melambangkan Jantung atau Hati yang artinya cinta.

Terdapat beberapa cerita yang begitu populer di dalam aplikasi ini seperti Penjara Hati Sang CEO, Pernikahan Anak SMA, The Baby Sitter, Sekretarisku Canduku, Perfect Honeymoon, I LOVE YOU HOT DADDY, dan juga My Cold Husband.

4. Joyread

Joyread - Aplikasi Baca Novel Gratis Tanpa Beli Koin

Aplikasi baca novel gratis tanpa beli koin selanjutnya adalah Joyread yang telah diunduh lebih dari 1 juta unduhan dan mendapatkan rating 4,8 bintang dari 52 ribu ulasan pengguna aktif ini juga wajib masuk ke dalam daftar.

Joyread sendiri menyediakan berbagai macam cerita menarik untuk pecinta novel di penjuru dunia. Dengan menggunakan aplikasi Joyread, pengguna bisa membaca kumpulan novel hits terbaik, berbagai macam kategori novel tersedia, sampai dengan banyak novel menarik yang menanti.

5. GoodNovel

GoodNovel - Aplikasi Baca Novel Gratis Tanpa Beli Koin

Selanjutnya adalah GoodNovel yang memiliki banyak genre novel web dari rimantis, fantasi, petualangan, fiksi dan lain sebagainya. Tidak hanya sekedar membaca saja, tampaknya GoodNovel juga memberikan wadah bagi penulis novel untuk menerbitkan karya mereka di dalam aplikasi ini. Oh iya, apabila novel Anda dikatakan lolos dan sesuai dengan kriteria, maka Anda juga nantinya akan mendapatkan bonus.

GoodNovel sendiri juga tidak begitu asing ditelinga banyak orang. Sebab, aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 5 juta unduhan dan mendapatkan rating yang cukup baik yaitu 4,2 bintang dari 187 ribu ulasan pengguna aktif. 

Sebagai pecinta novel gratisan, tentu saja aplikasi GoodNovel bisa menjadi pilihan yang tepat lantaran pengguna tidak perlu membeli koin terlebih dahulu. Terlebih lagi, aplikasi ini selalu melakukan pembaruan novel setiap harinya.

6. Joylada

Joylada - Aplikasi Baca Novel Gratis Tanpa Beli Koin

Kemudian ada aplikasi Joylada yang mungkin bisa menjadi pilihan yang pas untuk Anda. Saat ini, Joylada sudah diunduh lebih dari 5 juta unduhan dan mendapatkan rating yang cukup baik yaitu 4,4 bintang dari 309 ribu ulasan pengguna aktif. Mengingat ia merupakan aplikasi baca novel gratis tanpa beli koin yang begitu lengkap, maka tak heran jika aplikasi ini memiliki ukuran 150 MB.

Aplikasi besutan Ookbee U Co., Ltd. ini merupakan sebuah aplikasi novel chat pertama di Indonesia, Joylada ini juga memiliki ratusan ribu penulis dan pembaca aktif juga komunitas di seluruh Indonesia. Menariknya lagi, Anda bisa mendapatkan banyak uang dari aplikasi ini jika berhasil membuat novel dan menerbitkan-nya ke dalam platform Joylada.

Tidak jauh berbeda dengan beberapa aplikasi lainnya. Joylada juga rupanya memiliki berbagai macam genre yang bisa dinikmati seperti romantis, horror, fantasi, aksi, dan lain sebagainya.

7. NovelMe

NovelMe - Aplikasi Baca Novel Gratis Tanpa Beli Koin

Aplikasi baca novel gratis tanpa beli koin selanjutnya adalah NovelMe besutan FunSoft.Dev ini juga cukup direkomendasikan untuk Anda. Bukan tanpa sebab, aplikasi ini memungkinkan pengguna dalam membaca seluruh novel di NovelMe secara gratis tanpa harus berlangganan dan sejenisnya. 

Oh iya, terdapat juga beberapa novel populer yang ada di dalam aplikasi ini seperti Jangan Membenci Cinta, One Night Surprise, My Mysterious Husband, Married with Mr.Dev, Pengasuh Tuan Muda, Legenda Pedagang Api, Perfect Hero, Hot Uncle, dan masih banyak lagi.

Bukan hanya itu saja, NovelMe juga telah menyediakan wadah bagi para penulis novel yang ingin mendapatkan uang dari aplikasi ini. Aplikasi ini juga selalu memberikan hadiah terbaik yang nantinya diberikan kepada top writer alias penulis terbaik di aplikasi NovelMe.

8. Fizzo Novel

Fizzo Novel - Aplikasi Baca Novel Gratis Tanpa Beli Koin

Ingin membaca novel tanpa beli koin dan ingin mendapatkan uang hanya dengan membaca novel? Mungkin aplikasi Fizzo Novel sangat direkomendasikan untuk Anda. Bagaimana tidak, hanya dengan membaca novel saja maka Anda bisa mendapatkan uang yang nantinya bisa ditukarkan melalui eWallet seperti DANA, OVO, GoPay dan lain sebagainya.

Biasanya, aplikasi novel memberikan imbalan bagi pengguna-nya yang menerbitkan novel di dalam platform tersebut. Akan tetapi, Fizzo Novel berani membayar pengguna yang hanya membaca novel serta mengundang teman untuk menggunakan aplikasi ini. 

Oh iya, jika Anda ingin langsung mendapatkan uang tunai sebesar Rp25.000 rupiah. Ada baiknya, masukkan saja kode undangan berikut A641796.

9. WeRead

WeRead - Aplikasi Baca Novel Gratis Tanpa Beli Koin

Deretan selanjutnya ada WeRead besutan PlayMate yang hingga saat ini diunduh lebih dari 1 juta unduhan dan mendapatkan rating yang cukup baik yaitu 4,4 bintang dari 62 ribu ulasan pengguna aktif. Bobot dari aplikasi ini juga cukup ringan, yakni hanya 11 MB saja.

Tidak jauh berbeda dengan aplikasi Fizzo Novel, pengguna juga bisa mendapatkan uang dari aplikasi ini hanya dengan mengerjakan tugas yang diberikan. Contohnya saja membaca novel, bonus koin emas, keuntungan tugas harian, dan lain sebagainya.

10. Amazon Kindle

Amazon Kindle - Aplikasi Baca Novel Gratis Tanpa Beli Koin

Amazon Kindle merupakan salah satu aplikasi yang dikembangkan oleh Amazon Mobile LLC yang sangat populer di kalangan banyak orang. Sebab, aplikasi Amazon Kindle telah diunduh lebih dari 100 juta unduhan dan mendapatkan rating yang sangat baik yaitu 4,8 bintang dari 2 juta ulasan pengguna aktif.

Di dalam aplikasi Amazon Kindle, pengguna bisa menikmati beberapa genre menarik seperti romantis, fiksi ilmiah, swadaya, agama, nonfiksi, buku anak-anak, dan lain sebagainya. Untungnya, aplikasi Amazon Kindle bisa digunakan secara gratis sehingga Anda tidak perlu membeli koin maupun berlangganan.

Itulah tadi beberapa rekomendasi aplikasi baca novel gratis tanpa beli koin yang bisa diunduh melalui perangkat Android maupun iOS. Semua dari aplikasi di atas juga bisa digunakan secara gratis alias tanpa koin. Dari semua aplikasi tersebut, Anda juga bisa mencobanya satu per satu untuk mencari yang pas agar tidak memenuhi ruang penyimpanan pada perangkat Anda. Semoga bermanfaat!