0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

Kelebihan dan Kekurangan Infinix Hot 12 Pro - Spesifikasi & Harga

Infinix Hot 12 Pro diluncurkan oleh Infinix Mobility pada akhir Agustus 2022 di pasar Indonesia. Sebelumnya penulis sendiri sudah seringkali menulis artikel mengenai Infinix Hot 12 series seperti Infinix Hot 12i, Infinix Hot 12, Infinix Hot 12 Play NFC, dan saat ini penulis akan membahas ponsel terbaru yang baru-baru ini diluncurkan, yaitu Infinix Hot 12 Pro sesuai dengan judul pada artikel ini.

Kelebihan dan Kekurangan Infinix Hot 12 Pro

Di pasar Indonesia sendiri si ponsel dibanderol dengan harga Rp2 jutaan. Meskipun terbilang cukup murah, bukan berarti ponsel ini tidak memiliki fitur unggulan. Infinix Hot 12 Pro sendiri hadir dengan fitur NFC (Near Field Communications), RAM Expansion, baterai besar dan masih banyak lagi yang dihadirkan oleh Infinix Hot 12.

Langsung saja, simak ulasan berikut ini mengenai kelebihan dan kekurangan Infinix Hot 12 Pro beserta spesifikasi dan harga yang wajib untuk diketahui untuk dijadikan bahan pertimbangan sebelum membeli.

Kelebihan Infinix Hot 12 Pro

Kelebihan Infinix Hot 12 Pro

1. Desain Menarik

Infinix Hot 12 Pro mengusung desain Shimmering Matte Edge Design dengan tampil berkilauan yang membuatnya cukup nyaman ketika dipandang. Bagian penutup belakangnya, terdapat tulisan Infinix di pojok kiri bawah. Untuk susunan kameranya juga cukup menarik, setidaknya terdapat 2 (dua) lensa kamera berukuran besar, dan 1 (satu) kamera kecil yang berada di tengah-tengah.

Semua dari kamera tersebut, dilengkapi juga dengan lampu flash. Di samping modul kamera, ia juga dilengkapi dengan fingerprint atau pemindai sidik jari untuk keamanan. Soal material, penutup belakang dari Infinix Hot 12 Pro masih menggunakan plastik polikarbonat.

Selanjutnya, Infinix Hot 12 Pro memiliki dimensi 164.2 x 75.8 x 8.4 mm dengan bobot 191 gram. Tidak hanya itu saja, ponsel ini juga hadir dengan 3 (tiga) opsi warna yaitu Racing Black, Electric Blue Lightsaber Green, dan juga Halo White.

2. Mendukung Refresh Rate 90 Hz

Kelebihan selanjutnya dari Infinix Hot 12 Pro ini adalah sudah mendukung refrech rate 90 Hz yang tentunya membuat pergerakan layar seperti scrolling lebih terasa mulus jika dibandingkan dengan refresh rate 60 Hz. Dengan demikian, pengguna akan nyaman ketika scrolling TikTok, Instagram, Facebook sampai dengan bermain game.

Untuk touch sampling rate-nya adalah 180 Hz. Layar dari Infinix Hot 12 Pro terbentang 6,6 inci dengan resolusi HD+ alias 720 x 1612 piksel. Resolusi HD+ tersebut tentu hanya bisa menghasilkan warna yang tidak terlalu tajam, namun jika Anda sudah sering menggunakan layar dengan resolusi 720p mungkin hal ini tidak menjadi masalah besar.

3. Dapur Pacu Unisoc T616

Selanjutnya Infinix Hot 12 Pro mengandalkan CPU Octa-Core yakni Unisoc T616 yang dilengkapi dengan 2 (dua) inti Cortex-A75 utama yang memiliki frekuensi tinggi 2,0 GHz. Bisa dikatakan dapur pacu yang digunakan oleh ponsel ini cukup baik, Unisoc T616 juga setara dengan dapur pacu Helio G80 dan Helio G85 dari MediaTek.

Dapur pacu Unisoc T616 ini memiliki teknologi fabrikasi 12 nanometer. Dilansir dari Legawa Gadget untuk pengujian gaming, Unisoc T616 dapat menjalankan game seperti Mobile Legends dengan settingan refresh rate High dan Graphics High juga, untuk gameplay nya sih benar-benar lancar, dimana dapur pacu ini bisa meraih FPS rata-rata di angka 59.8 FPS.

Game selanjutnya yang diuji oleh Legawa Gadget adalah PUBG Mobile dan ponsel ini hanya bisa meraih grafik HD dan frame rate High. Menariknya, dapur pacu Unisoc T616 ini masih bisa menjalankan game ini dengan baik dan lancar. Akan tetapi, Legawa Gadget hanya menggunakan settingan grafik Balance dan frame rate Ultra, dimana ia mendapatkan rata-rata 39.9 FPS.

Bukan hanya 2 (dua) game saja yang diuji. Sebenarnya ada banyak sekali game yang diuji. Antara lain adalah eFootball 2023, Asphalt 9, COD Mobile, Apex Legends, sampai dengan Genshin Impact juga sanggup dilibas oleh Unisoc T616.

4. Memori Lega + RAM Expansion

Uniknya dari HP ini adalah menawarkan memori yang lega di kelasnya, dimana umumnya ponsel 2 jutaan hanya dibekali dengan RAM 4 GB dan ROM 64 GB. Akan tetapi, Infinix Hot 12 Pro berani tampil beda. Bagaimana tidak, dengan harga Rp2 jutaan saja Anda sudah bisa menikmati memori yang cukup lega seperti RAM 8 GB dan penyimpanan internal sebesar 128 GB.

Memori yang lega tersebut tentu saja pengguna bisa menyimpan banyak aplikasi, file, foto, audio, video dan lain sebagainya. Apabila masih dirasa kurang, Anda juga masih bisa menambahkannya dengan microSD hingga berkapasitas 512 GB.

Adapun fitur RAM Expansion yang dihadirkan oleh Infinix Hot 12. Dimana, pengguna bisa memperluas RAM 8 GB tersebut hingga 5 GB RAM. Uniknya, terdapat beberapa opsi yang bisa disesuaikan oleh pengguna untuk menambahkan RAM Virtual seperti RAM 2 GB, RAM 3 GB, hingga RAM 5 GB.

5. Baterai Besar

Demi memanjakan pengguna untuk menggunakan smartphone dalam jangka waktu yang cukup lama, maka pihak perusahaan menanamkan baterai berkapasitas 5.000 mAh pada Infinix Hot 12 Pro. Bisa dikatakan baterai tersebut bisa bertahan selama 79 jam bermain musik, 12 jam bermain game, 41 jam melakukan panggilan telepon, dan 45 hari pada mode siaga.

Selain itu saja, Infinix Hot 12 Pro juga telah dilengkapi fitur pengisian cepat 18W. Ketika diuji oleh Tech Updates pada kanal YouTube-nya, ponsel ini membutuhkan waktu pengecasan dari baterai kosong hingga penuh selama 2 jam 35 menit saja.

6. Kamera Utama 50 MP

Pada sektor kamera, Infinix Hot 12 Pro memang masih bisa untuk diandalkan dalam memotret momen-momen penting Anda disaat sedang berlibur di suatu tempat dengan pemandangan yang indah. Sebab, Infinix Hot 12 Pro dibekali dengan kamera utama berkemampuan 50 MP dengan bukaan aperture f/1.8.

Sementara itu, untuk kamera selfie hanya beresolusi 8 MP. Soal perekaman video, kamera utama dan kamera selfie sama-sama bisa merekam video hingga resolusi 1080 piksel pada 30 fps.

7. Adanya Fitur NFC

Uniknya Infinix Hot 12 Pro sudah mendukung fitur NFC (Near Field Communication), dimana fitur ini akan mempermudah banyak orang dalam mengecek saldo eMoney, mengisi saldo eToll, berbagi foto dan video, dijadikan sebagai alat pembayaran transaksi, scan informasi dari smart poster, berbagi kontak dan masih banyak lagi.

Pada biasanya fitur NFC (Near Field Communications) ini hanya bisa ditemukan pada ponsel-ponsel mahal. Akan tetapi, belakangan ini kebanyakan ponsel murah menghadirkan fitur NFC (Near Field Communications) kepada konsumen-nya.

Kekurangan Infinix Hot 12 Pro

Kekurangan Infinix Hot 12 Pro

1. Lensa Ultrawide dan Makro Absen

Cukup disayangkan Infinix Hot 12 Pro tidak dibekali dengan lensa ultrawide dan juga makro. Jika tidak ada lensa ultrawide sih masih bisa ditoleransikan. Sebab, lensa ultrawide umumnya ditemukan pada ponsel Rp3 hingga Rp4 jutaan ke atas. Akan tetapi, dengan tidak adanya kamera makro tentunya sangat disayangkan.

Bagaimana tidak, kamera makro sendiri berfungsi untuk menangkap objek yang sangat kecil dari jarak dekat. Nah, apabila kamera maupun lensa makro ini tidak dihadirkan tentunya akan menyulitkan pengguna untuk menangkap objek dari jarak yang sangat dekat.

2. Pemindai Sidik Jari

Sebagaimana yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwasannya pemindai sidik jari dari Infinix Hot 12 Pro ini terletak di bagian belakang bodi. Hal tersebut tentu saja akan menggangu keindahan dari desain si ponsel tersebut. 

Letak pemindai sidik jari di belakang bodi memang sudah terlihat jadul untuk ponsel keluaran tahun 2022. Sebab, sudah kebanyakan vendor meluncurkan ponsel di rentang harga sama namun sudah mengusung Side Fingerprint yang menyatu dengan tombol power.

Spesifikasi Infinix Hot 12 Pro

Spesifikasi Infinix Hot 12 Pro

  • Warna : Racing Black, Electric Blue Lightsaber Green, Halo White.
  • Dimensi : 164.2 x 75.8 x 8.4 mm.
  • Berat : 191 gram.
  • Layar : IPS LCD, 729 x 1612 piksel, 6,6 inci.
  • Chipset : Unisoc T616 (12 nm).
  • GPU : Mali-G57 MP1.
  • RAM : 8 GB + Extended RAM 5 GB.
  • ROM : 128 GB, microSD hingga 512 GB.
  • OS : Android 12, XOS 10.6.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, Fast Charging 18W..
  • Kamera Belakang : 50 MP.
  • Kamera Depan : 8 MP.

Harga Infinix Hot 12 Pro

Harga Infinix Hot 12 Pro

Dikutip dari laman resmi beserta Official Store Infinix Mobility dan Official Store AliExpress dari Infinix bahwasannya ponsel Infinix Hot 12 Pro dengan varian RAM 8 GB dan penyimpanan internal 128 GB dibanderol dengan harga Rp2.299.000 rupiah. Akan tetapi, jika Anda membeli Infinix Hot 12 Pro melalui link ecommerce yang penulis bagikan di bawah ini Anda akan mendapatkan harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan toko offline.