Kelebihan dan Kekurangan OPPO A17k - Spesifikasi & Harga

Hadir sebagai penerus dari OPPO A16k. Tapi kok dibanderol dengan harga lebih murah? Inilah dia kelebihan dan kekurangan OPPO A17k yang wajib diketahui

Pada 11 November 2022, OPPO Indonesia mengumumkan smartphone entry-level mereka dengan tajuk OPPO A17k di kelas harga Rp1 jutaan. OPPO A17k ini sendiri adalah penerus dari OPPO A16k yang dirilis pada bulan Mei 2022 lalu. Meskipun menjadi penerus dari OPPO A16k, tampaknya OPPO A16k masih dibanderol dengan harga yang lebih mahal yaitu Rp2,1 jutaan.

Kelebihan dan Kekurangan OPPO A17k

OPPO A17k dihadirkan sebagai ponsel terjangkau yang mengutamakan desain trendi yang kokoh, baterai besar 5.000 mAh yang diklaim bertahan lama, dan konektivitas yang lebih unggul dari kompetitornya.

Kemudian, ponsel ini juga ditopang oleh SoC (System on Chip) MediaTek Helio G35 yang cukup memadai untuk kebutuhan browsing hingga scrolling media sosial. Selain itu, Anda juga masih bisa menjalankan beberapa game popular seperti PUBG Mobile, Free Fire, dan Mobile Legends. Yuk perhatikan penjabaran terkait kelebihan dan kekurangan OPPO A17k sebagai berikut!

Kelebihan OPPO A17k

Kelebihan OPPO A17k

1. Desain Trendi

OPPO A17k sendiri menjadi salah satu bukti bahwa ponsel tetap bisa tampil atraktif. Kendati demikian, ia tidak menghadirkan banyak kamera di punggungnya. Selanjutnya, bodi dari si ponsel terbuat dari bahan plastik polikarbonat dengan desain frame flat alias datar yang cukup trendi.

Di bagian punggungnya, terdapat 1 (satu) buah kamera yang terpasang rapi di pojok kiri atas dengan LED Flash kecil di bawahnya. Keduanya diselimuti oleh elemen visual berbentuk pil yang memanjang ke bawah, berisikan tulisan AI Camera. Kemudian, di pojok kanan bawah juga terdapat tulisan OPPO.

Lanjut ke sisi depan, OPPO A17k ini menyuguhkan kamera selfie dalam poni tetesan air alias waterdrop notch seperti kebanyakan ponsel entry-level lainnya. Menariknya, OPPO A17k ini juga sudah lolos uji ketahanan berbagai tes, sehingga ponsel ini diklaim memiliki bodi yang kokoh diantara pesaingnya.

Bagaimana tidak, OPPO A17k ini sudah diuji 20.000 kali cabut colok kabel microUSB, 28.000 kali micro-drop testing, kejatuhan dari 1 meter, sampai dengan 14 hari pengujian di suhu tinggi dan ketahanan kelembaban.

Tidak cukup sampai disitu saja, ponsel dari OPPO ini juga sudah mengantongi sertifikasi IPX4 yang membuat OPPO A17k ini tahan terhadap percikan air yang datang dari segala penjuru arah.

2. Layar Luas

OPPO A17k hadir dengan panel layar IPS (In-Plane Switching) LCD berukuran 6,56 inci yang mengusung resolusi HD+ alias 720 x 1612 piksel dengan aspek rasio 20:9. Lalu, tingkat kerapatan pikselnya mencapai 269 ppi (pixel per inch). Layar OPPO A17k ini juga menghadirkan kecerahan tipikal mencapai 480 nits dan kecerahan HBM mencapai 600 nits.

Bukan hanya itu saja, layar si ponsel ini pun juga mendukung ruang warna DCI-P3 100% sehingga kualitas tampilannya lebih penuh warna. Dengan begini, ketika Anda menonton film akan menjadi lebih hidup.

3. Dapur Pacu

Beralih ke sektor dapur pacu, OPPO A17k diotaki oleh SoC (System on Chip) MediaTek Helio G35 yang dibangun atas fabrikasi 12 nanometer dan mencakup klaster inti hemat daya tanpa adanya high perfomance. Oleh karena itu, ponsel ini kurang cocok digunakan untuk bermain game berat. Hal ini sih masih bisa dimaklumi, mengingat ia hanya dibanderol dengan harga 1 jutaan saja.

MediaTek Helio G35 mendukung konfigurasi octa-core, terdapat sebanyak 4 (empat) unit Cortex A53 berkekuatan 2,3 GHz, dan 4 (empat) unit Cortex A53 yang berlari dengan kecepatan 1,8 GHz. Selanjutnya, ini juga didukung oleh GPU (Graphics Processing Unit) berupa PowerVR G38320.

4. Adanya RAM Expansion

Diketahui, OPPO A17k ini hadir dengan 1 (satu) varian saja yaitu RAM 3 GB dan penyimpanan internal sebesar 64 GB. Oleh karena itu, OPPO menambahkan fitur yang bernama RAM Expansion yang bisa memperluas RAM hingga 4 GB. Dengan begini, total RAM pada OPPO A17k akan menjadi 7 GB. Sehingga, pengalaman multitasking akan menjadi lebih baik ketimbang RAM 3 GB.

Apabila penyimpanan internal dari OPPO A17k ini masih terasa kurang, maka Anda masih bisa menyisipkan microSD hingga berkapasitas 1 TB pada slot terpisah yang disediakan oleh ponsel ini.

5. Baterai 5.000 mAh

Akhir-akhir ini banyak sekali smartphone yang dibekali baterai berkapasitas 5.000 mAh, bahkan sudah menjadi standar umum, termasuk OPPO A17k. Kemampuan baterainya akan menjaga ponsel ini tetap hidup selama seharian penuh dengan penggunaan ringan. Terlebih, OPPO A17k ini hanya dibekali layar beresolusi HD+ yang lebih hemat daya ketimbang Full HD+.

Namun sayang, OPPO A17k tidak dibekali fitur pengisian cepat sama sekali. Oleh karena itu, proses pengisian daya dari ponsel ini memakan waktu hingga 2 jam untuk mengisi baterai dari kosong hingga penuh.

6. Side-Mounted Fingerprint

Umumnya kebanyakan ponsel di kelas entry-level hanya menyuguhkan sensor pemindai sidik jari di belakang bodi. Bahkan, ada juga yang tidak menghadirkannya sama sekali. Untungnya, OPPO A17k ini sudah dibekali side-mounted fingerprint alias sensor pemindai sidik jari di samping bodi, menyatu dengan tombol daya.  Hal ini tentu lebih modern dari fingerprint di belakang bodi, yang juga bisa merusak estetika desain dari ponsel itu sendiri.

7. ColorOS Terbaru

Kini, OPPO A17k sudah menggunakan ColorOS terbaru yang lebih ringan dan aman. Di mana, OPPO A17k menggunakan ColorOS 12.1 berbasis Android 12. ColorOS 12.1 ini ini hadir dengan keunggulan sistem keamanan baru yang diklaim lebih baik daripada sistem sebelumnya. Dalam sistem ini, terdapat juga fitur permintaan kata sandi ketika perangkat akan dimuat ulang.

Selain itu, terdapat juga fitur lain seperti penerjemahan dengan 3 (tiga) jari, FlexDrop, sampai dengan kontrol akses keamanan.

Kekurangan OPPO A17k

Kekurangan OPPO A17k

1. Kamera Hanya 8 MP

Cukup disayangkan, OPPO A17k hanya menyuguhkan kamera utama berkekuatan 8 MP dengan bukaan f/2.0, juga mengusung fitur autofokus. Sementara itu, di sisi depannya hanya terdapat sebuah kamera selfie yang memiliki resolusi 5 MP dengan bukaan f/2.2. Ini juga membuat ponsel OPPO A17k kalah saing dengan kompetitornya. Sebab, kebanyakan kompetitornya sudah menyuguhkan kamera utama 13 MP dengan PDAF.

2. Port MicroUSB Jadul

Kekurangan OPPO A17k selanjutnya adalah masih menggunakan port tipe microUSB yang cukup jadul. Hal ini sih memang sangat disayangkan mengingat kebanyakan kompetitornya sudah menggunakan port USB Type-C. Mungkin ini dilakukan untuk menekan harga penjualan agar dibanderol lebih murah. Sedikit informasi, microUSB ini sendiri memiliki kecepatan transfer data yang kurang baik dari USB Type-C yang cukup cepat.

Spesifikasi OPPO A17k

Spesifikasi OPPO A17k

  • Warna : Navi Blue, Gold.
  • Dimensi : 164.2 x 75.6 x 8.3 mm.
  • Berat : 189 gram.
  • Layar : IPS LCD, 720 x 1612 piksel, 6.56 inci.
  • Chipset : MediaTek Helio G35 (12 nm).
  • GPU : PowerVR GE8320.
  • RAM : 4 GB.
  • ROM : 64 GB.
  • OS : Android 12, ColorOS 12.1.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh.
  • Kamera Belakang : 8 MP.
  • Kamera Depan : 5 MP.

Harga OPPO A17k

Harga OPPO A17k

Berdasarkan dari informasi yang penulis himpun dari laman resmi OPPO Indonesia bahwa OPPO A17k ini dibanderol dengan harga Rp1.799.000 rupiah untuk varian RAM 4 GB dan penyimpanan internal sebesar 64 GB. Ini juga akan hadir dalam 2 (dua) opsi warna yaitu Navi Blue, dan juga Gold. Jika diantara Anda tertarik untuk membeli ponsel ini, langsung saja klik tombol di bawah yang sudah penulis sediakan, ya.

Gabung dalam percakapan
© Ponselesa.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain