0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

Harga dan Spesifikasi Infinix Smart 8, Smartphone Murah Bertenaga Unisoc T606 dengan Layar IPS LCD 90Hz

Harga dan Spesifikasi Infinix Smart 8, Smartphone Murah Bertenaga Unisoc T606 dengan Layar IPS LCD 90Hz - Setelah sukses meluncurkan smartphone Infinix Zero 30 4G dan Infinix Zero 30 5G di segmen kelas menengah, kini Infinix Mobility Indonesia berlanjut ke segmen entry-level melalui seri Infinix Smart 8 yang bisa dikatakan sebagai suksestor dari Infinix Smart 7. Adapun keunggulan yang ditawarkan oleh smartphone ini adalah desainnya yang kekinian ala iPhone serta telah dibekali layar IPS (In-Plane Switching) LCD yang mengusung refresh rate 90Hz dan terdapat fitur Magic Ring pada posisi kamera selfie atau punch hole.

Perihal performa, smartphone Infinix Smart 8 ini menawarkan kinerja memadai di kelas harganya dengan dukungan SoC (System on Chip) Unisoc T606 octa-core dipadukan dengan memori RAM 3 GB atau 4 GB. Keseluruhan performa tersebut pun didukung baterai besar berkapasitas 5000 mAh yang mampu bertahan hingga seharian dalam penggunaan normal.

Harga dan Spesifikasi Infinix Smart 8, Smartphone Murah Bertenaga Unisoc T606 dengan Layar IPS LCD 90Hz

Secara desain, Infinix Smart 8 memiliki desain yang mirip dengan iPhone. Itu terlihat dari penataan kamera belakangnya disertai frame rata yang membuat bodi punya kesan menarik. Kendati demikian, Infinix tidak meniru plek desain iPhone. Pasalnya, Infinix sudah memberikan sentuhan finishing matte dengan suatu tekstur.

Mereka mengistilahkannya dengan Vibrant Glow Texture Design. Penutup belakang dari Infinix Smart 8 memang terlihat berkilau, namun noda sidik jari tetap minim berkat finishing matte. Adanya tekstur tertentu di bagian bodi belakangnya bukan hanya sekadar estetika, namun juga berfungsi agar bodi tidak licin.

Jika pendahulunya "Infinix Smart 7" masih menggunakan port microUSB, kini pada Infinix Smart 8 telah mengadopsi port USB Type-C. Selain itu, posisi sensor sidik jari pun sudah diposisikan di bagian samping bodi yang sebelumnya hanya di belakang bodi. Satu upgrade lagi pada bagian depan, layar Infinix Smart 8 sudah mengusung layar punch hole yang menurut banyak orang lebih modern dibandingkan waterdrop notch.

Pengalaman layar pada Infinix Smart 8 ini menurut penulis cukup memuaskan, karena ia dibekali dengan ukuran 6,6 inci berpanelkan IPS (In-Plane Switching) LCD yang sedikit lebih besar dari rata-rata ponsel yang memiliki layar 6,5 inci.

Kendati masih mengusung resolusi HD+ atau 720 x 1612 piksel, namun tingkat ketajamannya cukup baik untuk di kelas entry-level. Layar tersebut juga berada dalam aspek rasio 20:9 dan memiliki kerapatan hingga 267 ppi (pixel per inch).

Bukan hanya itu, layar smartphone Infinix Smart 8 tersebut pun telah mengusung refresh rate 90Hz yang mampu menampilkan animasi lebih smooth. Sayangnya, tak disebutkan adanya proteksi antigores seperti Corning Gorilla Glass dan sejenisnya.

Kinerja yang ditawarkan oleh smartphone murah Infinix Smart 8 ini menurut penulis cukup kompeten untuk komputasi ringan sehari-hari di kelas harganya dengan dukungan SoC (System on Chip) Unisoc T606 berfabrikasi 12 nanometer yang mengusung octa-core prosesor 64-bit yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A75 berkecepatan 1,6 GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 berkecepatan 1,6 GHz dengan memori RAM 3 GB atau 4 GB, serta diperkuat oleh pengolah grafis dari GPU (Graphics Processing Unit) Mali-G57 650MHz yang memadai.

Infinix Smart 8 hadir dengan dua opsi memori yaitu RAM 3 GB dan ROM 64 GB atau RAM 4 GB dan ROM 128 GB. Kemudian, smartphone ini juga masih mempertahankan laci kartu SIM triple slotnya. Alhasil, sang ponsel dapat menampung dua kartu SIM dan microSD sekaligus.

Jadi buat pengguna dua kartu SIM, Anda sudah tidak perlu lagi mengorbankan salah satu kartu SIM jika ingin memasang kartu microSD. Anda juga dapat memasang kartu SD 512 GB. Dengan demikian, Anda bisa menyimpan banyak foto, aplikasi, video, musik, dan lain sebagainya.

Sisi fotografi, Infinix Smart 8 ini terbilang memadai di kelasnya karena dibekali dua buah kamera di sisi belakangnya. Komposisinya adalah kamera utama berkekuatan 13 MP pada bukaan aperture f/2.0 dengan sensor BSI CMOS 1/3 inci 1.12um piksel, autofocus, dan dual LED flash. Sedangkan kamera keduanya berkekuatan QVGA yang berfungsi sebagai depth sensor.

Adapun kamera selfie Infinix Smart 8 ini cukup memadai dengan dukungan kamera selfie berkekuatan 8 MP yang menggunakan sensor BSI CMOS 1/4 inci 1.12um piksel fixed focus dipadukan oleh fitur AI dan LED flash untuk memotret di kondisi low light.

Agar dapat bersaing dengan persaingan sengit di kelas entry-level, Infinix Mobility Indonesia tentu wajib menyuguhkan baterai memadai. Baterainya mengusung kapasitas 5000 mAh, angka yang cukup besar dan mungkin sudah menjadi standar masa kini.

Dengan menggunakan layar beresolusi HD+ disertai pemilihan SoC (System on Chip) yang hemat daya, baterai dari Infinix Smart 8 ini pun mampu bertahan dalam waktu lama. Sebab, sang ponsel dapat bertahan hingga 50 jam pemutaran musik, 39 jam durasi menelepon, dan 36 jam lamanya untuk pemutaran video.

Terdapat juga fitur Ultra Power Saving Mode sehingga ponsel Infinix Smart 8 ini bisa bertahan hingga 2 jam lebih lama ketika menelepon, atau penggunaan mode siaga ekstra 24 jam ketika sisa baterai tinggal 5%.

Infinix Mobility Indonesia juga condong memerhatikan unsur desain. Oleh sebab itu, Infinix Smart 8 hadir dengan bodi belakang yang bersih dan rapi tanpa menampilkan sensor sidik jari di sisi belakangnya.

Alih-alih di belakang, sensor sidik jari pada ponsel ini sudah diletakkan di bagian samping yang terintegrasi dengan tombol power. Selain membuat bodi terlihat lebih clean di bagian belakang, pengalaman buka kunci juga kian mudah dan natural.

Harga dan Spesifikasi Infinix Smart 8

Spesifikasi Infinix Smart 8

  • Rilis di Indonesia : 5 Desember 2023
  • Warna : Timber Black, Shiny Gold, Crystal Green
  • Dimensi : 163.6 x 75.6 x 8.5 mm
  • Berat : 184 g
  • Layar : IPS LCD dengan ukuran 6,6 inci beresolusi HD+ alias 720 x 1612 piksel, kerapatan 267 ppi, 500 nits (peak), refresh rate 90Hz
  • Chipset : Unisoc T606 (12 nm), Octa-core (2x1.6 GHz Cortex-A75 & 6x1.6 GHz Cortex-A55)
  • Grafis : Mali-G57 MP1
  • Sistem Operasi : Android 13
  • Memori : RAM 3 GB / ROM 64GB dan RAM 4 GB dan ROM 128 GB
  • Kamera Belakang : 13 MP, f/1.9, 27mm (wide), AF + 0.08 MP, (auxiliary lens), Ring-LED flash, HDR, panorama, 1080p@30fps
  • Kamera Depan : 8 MP, f/2.0, (wide), 1080p@30fps
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, non-removable, 10W wired
  • Konektivitas : Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Bluetooth 5.0, A2DP, LE, GPS, FM radio, USB Type-C 2.0, OTG
  • Sensor : Fingerprint (side-mounted), accelerometer, proximity, compass

Harga Infinix Smart 8

Infinix Smart 8 adalah salah satu smartphone entry-level 4G terbaru yang menawarkan desain stylish dengan performa kencang dengan SoC (System on Chip) Unisoc T606. Kemudian, sang ponsel sudah menggunakan sistem operasi terbaru Android 13 Go Edition yang ringan dan smooth. Bahkan, smartphone entry-level ini telah dipersenjatai layar sentuh berukuran 6,6 inci dengan panel IPS (In-Plane Switching) LCD yang mengusung refresh rate 90Hz. Harga smartphone Infinix Smart 8 terbaru di Indonesia berdasarkan dari informasi yang penulis himpun adalah Rp1.099.000 rupiah untuk varian RAM 3 GB dan ROM 64 GB. Sedangkan varian RAM 4 GB dan ROM 128 GB dibanderol dengan harga Rp1.299.000 rupiah.