0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

Kelebihan dan Kekurangan Realme GT Neo 3 - Spesifikasi & Harga

Realme GT Neo 3 merupakan sebuah smartphone anyar paling worth it untuk dibeli di tahun ini. Pasalnya, ponsel ini hadir dengan segudang keunggulan seperti chipset yang sangat bisa diandalkan, desain ala mobil balap, fast charging super ngebut, kamera flagsip, adanya fitur NFC (Near Field Communications), speaker stereo dan lain sebagainya.

Kelebihan dan Kekurangan Realme GT Neo 3

Smartphone yang satu ini resmi diperkenalkan pada awal Juni 2022 lalu yang hadir di Tanah Air dengan 2 (dua) varian warna, yakni Sprint White dan juga Nitro Blue. Ia juga dikonfigurasikan oleh RAM 12 GB dan ROM 256 GB (fast charging 150W) dan RAM 8 GB dan ROM 256 GB (fast charging 80W).

Ketika ingin membeli ponsel Realme GT Neo 3 ini ada baiknya untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan Realme GT Neo 3 beserta spesifikasi dan harganya.

Kelebihan Realme GT Neo 3

Kelebihan Realme GT Neo 3

Smartphone yang dibanderol dengan harga Rp6 jutaan, tentu saja akan memiliki fitur dan segudang kelebihan. Daripada pensaran, langsung saja simak ulasan di bawah ini terkait kelebihan Realme GT Neo 3.

1. Desain ala Mobil Balap

Diantara mereka tentunya sudah sangat bosan dengan desain smartphone yang itu-itu saja. Oleh karena itu, Realme ter-inspirasi dari game Gran Turismo (GT) yang ada di PlayStation (PS) dengan menghadirkan desain GT Neo 3 bernuansa mobil balap. Oh iya, konsep desain Racing Stripe itu juga melambangkan kecepatan dan perfoma, dua hal tersebutlah yang difokuskan pada Realme GT Neo 3.

Untuk bodi bagian belakangnya mengusung finishing dari material kaca AG dengan nuansa kontur yang sangat cantik. Bahkan, Realme juga mengklaim bahwa bodi bagian belakang dari ponsel ini menampilkan glare yang lebih minim, dengan begitu ponsel tidak akan menjadi sarang noda sidik jari.

Dimensi dari Realme GT Neo 3 adalah 163.3 x 75.6 x 8.2 mm dengan bobot 188 gram. Di Indonesia, Realme GT Neo 3 hadir dengan 2 (dua) varian warna yaitu Sprint White dan juga Nitro Blue.

2. Chipset Sangat Mumpuni

Mengingat ponsel ini dikhususkan untuk multitasking dan gaming yang cepat, maka tak heran jika Realme GT Neo 3 hadir dengan chipset MediaTek kelas high-end yaitu Dimensity 8100. Dimana, chipset tersebut adalah satu varian yang lebih tinggi dari Dimensity 8000 yang unggul dari sisi prosesor dan juga sudah di overclock.

Chipset yang satu ini juga sangat mumpuni di kelasnya, ia membawakan 2 (dua) klaster prosesor berformat 4 + 4 yang terdiri dari inti Cortex A78 (2.85 GHz) dan Cortex A55 (2 GHz). Untuk menunjang kebutuhan gaming agar tidak patah-patah atau lag, chipset tersebut dikemas dengan GPU Mali G610 MC6 yang dibangun dengan fabrikasi 5 nm.

Ponsel ini juga berhasil mendapatkan skor AnTuTu v9 sebesar 812.535, dan hasil Geekbench 5 mendapatkan skor 973 (single core) dan 3999 (multi-core). Dengan begitu, Anda bisa bermain game berat seperti Genshin Impact, PUBG Mobile, Valorant Mobile dan sejenisnya dengan FPS yang stabil.

3. Fast Charging Ngebut

Realme GT Neo 3 hadir dengan kapasitas baterai besar yaitu 5.000 mAh yang dimana kapasitas baterai tersebut sudah sangat umum untuk keluaran smartphone di tahun ini. Salah satu hal menarik dari smartphone ini adalah fitur fast charging yang super ngebut, ia dibekali dengan fast charging 80W untuk varian RAM 8GB yang mampu mengisi baterai dari 0% sampai 100% dalam waktu 32 menit saja.

Apabila nantinya Anda memilih varian RAM 12 GB, maka Anda akan menikmati fitur fast charging super ngebut yaitu 150W yang mampu mengisi daya baterai dari 0% ke 100% dalam waktu 20 menit saja. Namun, kapasitas baterai dari RAM 12 GB ini hanya 4.500 mAh saja.

4. Layar AMOLED dengan Refresh Rate 120 Hz

Pada sektor layar, Realme GT Neo 3 hadir dengan panel layar AMOLED yang sangat diunggulkan dibandingkan dengan panel IPS, TFT dan PLS. Keunggulan dari layar AMOLED diantara lebih irit daya, tingkat kecerahan berkualitas tinggi, sampai dengan menghasilkan kualitas gambar yang sangat baik.

Tak sampai disitu saja, layar AMOLED ini juga telah dilengkapi dengan fitur refresh rate tinggi hingga 120Hz sehingga Anda akan dapat scrolling media sosial dengan sangat mulus, apalagi ketika bermain game. Untuk meningkatkan responsivitas layar, ia juga diberikan touch sampling rate 360 Hz.

Sementara itu, layar AMOLED ini juga punya tingkat kecerahan sampai 1000 nits yang sangat bisa diandalkan jika Anda sedang berada di luar ruangan atau di bawah terik matahari.

5. Kamera Utama 50MP

Meski dikhususkan untuk bermain game, bukan berarti ponsel ini memiliki kamera yang tidak bagus. Sebaliknya, Realme GT Neo 3 menghadirkan sensor Sony IMX 766 beresolusikan 50 MP sebagai kamera utamanya. Konfigurasi 3 (tiga) kamera atau Triple Camera pada perangkat ini terdiri atas sensor utama 50 MP (f/1.9).

Kemudian terdapat juga sensor 8 MP (f/2.3) sebagai kamera ultrawide dan sensor 2 MP (f/2.4) untuk fungsi makro yang dapat memotret benda kecil dengan detail memukau. Kamera belakangnya sendiri juga mampu merekam video pada resolusi 1080p di kecepatan 60 FPS, serta 4K pada 30 sampai 40 FPS.

Adapun juga fitur gyro-EIS yang membuat perekaman video tidak mudah goyang ketika Anda merekam video sambil berjalan. Dengan begitu, smartphone ini akan terlihat seperti HP iPhone yang memiliki fitur serupa.

6. Hadirnya Fitur NFC

Realme GT Neo 3 juga dibekali dengan fitur NFC (Near Field Communications) pada sudut 360 derajat yang memudahkan pengguna untuk mengisi saldo eMoney dan masih banyak lagi yang dapat digunakan dengan adanya fitur NFC ini. Dengan harga Rp6 jutaan memang sudah semestinya Realme wajib menghadirkan fitur NFC, mengingat sudah banyak ponsel di harga Rp1 jutaan menghadirkan fitur serupa.

7. Menggunakan Stereo Speaker

Sebagai smartphone yang dipergunakan untuk gaming. Realme GT Neo 3 hadir dengan Stereo speaker yang sangat baik dibandingkan dengan speaker Mono lantaran adanya dukungan Dolby Atmos. Dengan begitu, mendengarkan musik, menonton film serta bermain game, kualitas audio dari perangkat ini sangat berkualitas dan jernih.

Kekurangan Realme GT Neo 3

Kekurangan Realme GT Neo 3

Terlepas dari beberapa kelebihan yang sudah penulis jelaskan di atas, rupanya Realme GT Neo 3 juga tidak luput dari kekurangan. Untuk itu, di bawah ini akan penulis bagikan mengenai kekurangan Realme GT Neo 3.

1. Tidak Adanya Slot MicroSD

Realme GT Neo 3 menawarkan slot Dual SIM yang bukan hibrida. Sehingga, Anda tidak akan bisa memasukkan microSD pada perangkat ini. Mungkin hal ini tidak menjadi masalah besar lantaran penyimpanan internal dari Realme GT Neo 3 berkapasitas 256 GB. Akan tetapi, jika Anda memiliki file penting atau senang merekam video akan sulit memaksimalkan kapasitas internal tersebut.

2. Port 3.5 mm Jack Audio Absen

Jika Anda senang menggunakan headset atau earphone dengan kabel jack audio mungkin tidak akan bisa dicolokkan pada Realme GT Neo 3. Oleh karena itu, Anda harus menggunakan earphone TWS (True Wireless Speaker) atau tanpa kabel yang nantinya disambungkan dengan Bluetooth.

Spesifikasi Realme GT Neo 3

Spesifikasi Realme GT Neo 3

  • Warna : Sprint White, Nitro Blue.
  • Dimensi : 163.3 x 75.6 x 8.2 mm.
  • Berat : 188 gram
  • Layar : AMOLED, 1080 x 2412 piksel, 6.7 inci.
  • Chipset : MediaTek Dimensity 8100 (5 nm).
  • GPU : Mali-G610 MC6.
  • RAM : 8/12 GB.
  • ROM : 256 GB.
  • OS : Android 12, Realme UI 3.0.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, Fast Charging 80W dan 150W.
  • Kamera Belakang : 50 MP + 8 MP + 2 MP.
  • Kamera Depan : 16 MP.

Harga Realme GT Neo 3

Harga Realme GT Neo 3

Ngomong-ngomong soal harga, Realme GT Neo 3 dibanderol dengan harga Rp6.999.000 untuk varian RAM 8 GB dan penyimpanan internal sebesar 256 GB. Sedangkan, untuk varian RAM 12 GB dan penyimpanan internal 256 GB dibanderol dengan harga Rp7.999.000 rupiah dilansir dari laman resmi Realme Indonesia. Di bawah ini penulis sudah menyediakan link pembelian-nya jika nantinya Anda tertarik untuk membelinya.