0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

Kelebihan dan Kekurangan Realme GT Neo 3T - Spesifikasi & Harga

Realme Indonesia resmi memperkenalkan smartphone anyar mereka pada Juni 2022 lalu yaitu Realme GT Neo 3T. Smartphone yang satu ini dirilis berbarengan dengan Realme GT Neo 3, dimana ponsel ini memang dikhususkan untuk gaming kelas menengah dengan spesifikasi yang cukup lengkap. Bagaimana tidak, ponsel ini dibekali dengan chipset bertenaga dan cepat yaitu SOC Qualcom Snapdragon 807.

Kelebihan dan Kekurangan Realme GT Neo 3T

Tak cukup sampai disitu saja, Realme GT Neo 3T juga menawarkan berbagai kelebihan seperti sudah menggunakan panel layar AMOLED, baterai berkapasitas jumbo, kamera yang sangat bisa diandalkan untuk fotografi, menggunakan speaker stereo dan masih banyak fitur lainnya yang dibawa oleh perangkat ini.

Untuk mengetahuinya lebih lanjut, berikut ini penulis akan merangkum beberapa kelebihan dan kekurangan Realme GT Neo 3T beserta spesifikasi dan harga yang wajib Anda pertimbangkan.

Kelebihan Realme GT Neo 3T

Kelebihan Realme GT Neo 3T

Smartphone yang dibanderol dengan harga Rp5 jutaan ini tentunya memiliki kelebihannya tersendiri. Apa saja kelebihan yang ditawarkan? Berikut adalah diantaranya.

1. Desain ala Papan Catur

Realme GT Neo 3T hadir dengan desain yang sangat menarik ala papan catur atau kotak-kotak sehingga akan terlihat berbeda dengan vendor smartphone lainnya. Selain itu, penempatan posisi kamera belakang dari ponsel ini juga terlihat sangat rapi dan pas sehingga cukup enak dipandang.

Terdapat 2 (dua) varian warna yang dapat Anda pilih yaitu Dash Yellow dan juga Shade Black saja. Akan tetapi, desain ala papan catur tersebut hanya dimiliki pada varian Dash Yellow. Sementara itu, varian Shade Black memiliki desain stylish dan elegan.

2. Chipset Flagship

Berbicara mengenai perfoma, ponsel ini sudah dilengkapi dengan SoC (System-on-Chip) Snapdragon 870 yang masih sangat bisa diandalkan untuk ponsel di kelas menengah. Prosesor ini dibangun dengan fabrikasi 7nm yang memiliki konfigurasi octa-core yakni 1 (satu) unit Kryo 585 Prime berbasis Cortex A77 (3,2GHz), 3 (tiga) unit Kryo 585 Gold berbasis Cortex A77 (2,42 GHz), serta 4 (empat) inti Kryo 585 Silver berbasis Cortex A55 (1,8 GHz).

SoC (System-on-Chip) Snapdragon 870 ini juga didukung oleh GPU Adreno 650. Dengan demikian, pengguna dapat bermain game kesukaan mereka dengan lancar tanpa adanya hambatan seperti PUBG Mobile, Genshin Impact, Free Fire, Mobile Legends dan masih banyak lagi.

3. Menggunakan Layar AMOLED

Layar dari Realme GT Neo 3T dibekali dengan layar berukuran 6,62 inci dengan refresh rate mencapai 129Hz. Untuk bagian warna, smartphone ini mampu mencakup 100% P3 Gamut dan 106% warna NTSC yang cocok untuk konten HDR. Bukan hanya itu saja, Realme GT Neo 3T juga sudah dilengkapi dengan sensor cahaya ambient ganda yang telah mendukung 16000 tingkat penyesuaian kecerahan.

4. Kamera Utama 64 MP

Tak hanya dikhususkan untuk penggunaan gaming saja, Realme juga memperhatikan sektor kamera. Oleh karenanya, Realme GT Neo 3T menghadirkan Triple Camera yang ada di bagian belakang yang terdiri dari kamera utama berkemampuan 64 MP, kamera ultrawide 8 MP, hingga kamera makro 2 MP. Berbicara mengenai kamera selfie, ponsel ini menawarkan 16 MP untuk kamera selfie.

Adapun berbagai macam fitur menarik yang dihadirkan seperti Super Nightspace, Street Photography, dan beberapa filter lainnya untuk memberikan kesan menarik kepada penggunannya.

5. Baterai Berkapasitas Besar

Demi ingin memanjakan penggunannya, Realme GT Neo 3T dibekali dengan baterai besar berkapasitas 5.000 mAh. Dengan begitu, Anda dapat menggunakan ponsel ini seharian penuh tanpa takut kehabisan baterai jika sedang berada di luar rumah. 

Bukan hanya itu saja, ponsel ini juga dibekali fitur fast charging super cepat yaitu 80W. Dalam proses pengisian daya dari 0% sampai dengan 100% hanya membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit saja.

6. Adanya Fitur NFC

Realme GT Neo 3T juga turut menghadirkan fitur NFC (Near Field Communications) yang berfungsi untuk mengisi saldo eMoney, mentransfer data kontak, gambar, file, video dan lain sebagainya dengan mudah dan cepat ke perangkat lainnya.

7. Tersedia Fitur Ekspansi RAM

Untuk menunjang kebutuhan gaming agar lebih lancar, Realme GT Neo 3T juga telah disediakan fitur ekspansi RAM Dinamis yang diambil dari penyimpanan internal sampai 3 GB. Dengan begitu, RAM yang awal mulanya 8 GB saja akan menjadi 13 GB.

Kekurangan Realme GT Neo 3T

Kekurangan Realme GT Neo 3T

Sebelum membeli smartphone yang satu ini, ada baiknya Anda simak ulasan mengenai kekurangan Realme GT Neo 3T yang akan penulis rangkum di bawah ini.

1. Port Jack Audio 3,5 mm Absen

Kekurangan dari Realme GT Neo 3T yang pertama adalah tidak adanya port jack audio 3,5 mm. Sehingga, pengguna tidak dapat menggunakan headset yang menggunakan kabel jack audio. Maka dari itu, Anda harus beralih menggunakan earphone yang memiliki koneksi bluetooth atau memanfaatkan port USB Type-C.

2. Tidak Adanya Slot MicroSD

Dengan percaya diri, Realme menghilangkan slot microSD pada perangkat Realme GT Neo 3T lantaran sudah memiliki penyimpanan internal yang terbilang cukup besar yaitu 128 GB. Akan tetapi, hal tersebut dirasa kurang bagi penggunannya yang memiliki file-file penting dengan berkapasitas besar. Oleh karena itu, pengguna harus bisa mengelola penyimpanan internal tersebut agar tidak penuh.

Spesifikasi Realme GT Neo 3T

Spesifikasi Realme GT Neo 3T

  • Warna : Dash Yellow, Shade Black.
  • Dimensi : 162.9 x 75.8 x 8.7 mm.
  • Berat : 194.5 gram
  • Layar : AMOLED, 1080 x 2400 piksel, 6.62 inci.
  • Chipset : Qualcom Snapdragon 870 5G (7 nm).
  • GPU : Adreno 650.
  • RAM : 8 GB.
  • ROM : 128 GB.
  • OS : Android 12, Realme UI 3.0.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, Fast Charging 80W.
  • Kamera Belakang : 64 MP + 8 MP + 2 MP.
  • Kamera Depan : 16 MP.

Harga Realme GT Neo 3T

Harga Realme GT Neo 3T

Dikutip dari laman resminya bahwa Realme GT Neo 3T dibanderol dengan harga Rp5.499.000 rupiah dengan varian RAM 8 GB dan penyimpanan internal sebesar 128 GB. Terdapat 2 (dua) varian warna yang bisa dipilih yaitu Dash Yellow dan Shade Black. Oh iya, Anda juga akan langsung mendapatkan pelindung layar Corning Gorilla Glass 5 yang sudah dipasang pada perangkat ini. Di bawah ini adalah link pembelian smartphone Realme GT Neo 3T.