0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

Kelebihan dan Kekurangan vivo Y35 - Spesifikasi & Harga

Tepatnya pada 15 Agustus 2022 ini vivo Indonesia kembali merilis smartphone terbaru mereka dengan nama vivo Y35 yang dibanderol dengan harga Rp3 jutaan. Smartphone ini hadir dengan sejumlah spesifikasi yang menarik, terutama pada bagian kamera yang siap memenuhi kebutuhan fotografi pengguna. Bahkan, ponsel ini juga sudah mengalami peningkatan yang signifikan dari vivo Y series pendahulunya.

Kelebihan dan Kekurangan vivo Y35

Bukan hanya menawarkan spesifikasi menarik, vivo Y35 juga sudah dilengkapi dengan beberapa fitur menarik seperti Extended RAM 3.0 yang membantu pengguna dalam memperluas RAM. Kemduian, fitur pengisian cepat atau fast charging 44W juga turut hadir di dalam vivo Y35 yang baru dirilis di Indonesia ini.

Harga yang ditawarkan memang terbilang terjangkau dikarenakan sudah terdapat banyak peningkatan di dalam smartphone ini. Lantas, apa saja sih kelebihan dan kekurangan vivo Y35 beserta spesifikasi dan juga harganya? Simak ulasan di bawah ini.

Kelebihan vivo Y35

Kelebihan vivo Y35

Memiliki anggaran kisaran 3 jutaan? Mungkin vivo Y35 menjadi pilihan yang tepat. Sebab, vivo Y35 menawarkan beberapa kelebihan seperti berikut.

1. Desain

Desain dari vivo Y35 mengusung konsep Flat Frame Desain dan vivo Dynamic Color yang terbuat dari berbahan plastik kaca dengan Crystall Mate. Terdapat juga 2 (dua) opsi warna yang bisa dipilih oleh pengguna seperti Dawn Gold serta Agate Black, memiliki dimensi 164.3 x 76.1 x 8.28 dengan bobot 188 gram tentu smartphone ini akan sangat nyaman untuk digenggam bahkan bodi belakang juga akan terbebas dari sidik jari dan juga tahan terhadap goresan.

Tak hanya itu saja, smartphone ini juga terbilang sangat kokoh lantaran sudah mengantongi sertifikasi IP5X ketahanan debu dan IPX4 ketahanan air. Bahkan, ia juga sudah melewati berbagai uji ketahanan seperti 320.000 uji jatuh, 6.500 uji port headset, dan juga 6.000 uji port USB.

Bagian samping bodi juga sudah tertanam fitur Ultra Fast Side Fingerprint yang mampu membuka smartphone dalam waktu 0.24 detik yang dipadukan bersamaan dengan tombol daya.

2. Tampilan

Untuk meningkatkan pengalaman browsing, scrolling media sosial hingga bermain game. Smartphone ini sudah dilengkapi refresh rate 90 Hz, dengan begitu pemrosesan layar akan bisa menyesuaikan fps dengan konten sehingga akan lebih mulus dan juga smooth dibandingkan dengan refresh rate 60 Hz yang umumnya digunakan.

Panel layar yang digunakan adalah IPS LCD beresolusi Full HD+ (1080 x 2408 piksel) dengan bentang 6,58 inci yang terbilang cukup lebar. Menariknya layar tersebut sudah memiliki fitur Sunlight Screen, dimana fitur ini akan memberikan kecerahan maksimal hingga 550 nits saat berada di bawah terik sinar matahari.

Tak sampai disitu saja, ia juga sudah dilengkapi dengan 96% P3 Color Gamut yang dapat memberikan visual yang kaya warna, imersif, dan juga kenyamanan mata saat menatap layar dikarenakan juga smartphone ini bisa memfilter sinar biru.

3. Dapur Pacu

Agar pengguna bisa bermain game, vivo Y35 diotaki SoC Snapdragon 680 dari Qualcom. Sebagaimana yang diketahui bersama bahwasannya dapur pacu yang digunakan oleh smartphone ini umumnya digunakan oleh ponsel kelas menengah. Contohnya saja seperti Realme 9, Realme 9i, vivo Y33T, Samsung Galaxy A23 dan masih banyak lagi.

Tidak hanya kencang, Snapdragon 680 juga terbilang cukup irit daya baterai berkat dibangun pada proses fabrikasi 6 nanometer. Sementara itu, SoC ini menggunakan GPU Adreno 610 untuk grafisnya. Snapdragon 680 juga mampu meraih skor AnTuTu hingga 291 ribuan pon, hal tersebut diuji oleh vivo sendiri.

4. Extended RAM 3.0

vivo Y35 hadir dengan konfigurasi RAM 8 GB dan penyimpanan internal sebesar 128 GB. Meski RAM yang dihadirkan cukup besar, namun vivo Y35 juga masih tetap dilengkapi dengan fitur tambahan yaitu Extended RAM 3.0 yang mampu memperluas RAM 8 GB sehingga total RAM yang dimiliki sebesar RAM 16 GB.

Dengan demikian, pengguna bisa membuka atau menjalankan aplikasi secara bersamaan dengan mulus dan smooth. Oh iya, jika dirasa kurang puas dengan penyimpanan internal sebesar 128 GB. Pengguna juga sudah disediakan slot microSD loh, tujuannya sendiri untuk menambahkan memori tambahan hingga 1 TB.

5. Kamera

vivo Y35 mengusung konfigurasi Triple Camera yang terdiri dari kamera utama berkemampuan 50 MP dengan bukaan aperture f/1.8, kamera makro 2 MP bukaan f/2.4, dan juga kamera bokeh 2 MP bukaan aperture f/2.4. Sementara itu, kamera selfie dari vivo Y35 beresolusi 16 MP dengan bukaan aperture f/2.0.

Kemudian fitur andalan yang dihadirkan oleh vivo adalah Super Night Mode, dimana fitur ini memungkinkan pengguna dalam memotret objek pada malam hari dengan hasil yang terang dan memuaskan layaknya seperti kamera DSLR.

6. Baterai

Demi memanjakan pengguna, vivo Y35 dibekali dengan baterai besar berkapasitas 5000 mAh yang mampu bertahan seharian penuh. Kemudian, baterai tersebut juga sudah ditemani dengan fitur fast charging 44W yang mampu mengisi daya baterai dari 0% hingga 70% dalam waktu 34 menit saja.

Oh iya, ketahanan baterai 5000 mAh dari vivo Y35 ini bisa menjalankan game selama 7 jam lebih 5 menit, streaming film HD online selama 14,3 jam dengan waktu pemakaian bisa sampai 2 (dua) hari yang terbilang cukup irit.

Kekurangan vivo Y35

Kekurangan vivo Y35

Selain mengetahui kelebihannya, ada baiknya juga pengguna simak ulasan di bawah ini terkait dengan kekurangan vivo Y35 ketika berminat untuk membeli smartphone yang satu ini.

1. Lensa Ultrawide Absen

Sudah banyak vendor smartphone yang berbondong-bondong untuk menyuguhkan lensa ultrawide pada smartphone mereka. Bahkan, lensa ultrawide saat ini sudah bisa ditemukan di rentang harga Rp2 jutaan. Akan tetapi, vivo Y35 masih tetap tidak menghadirkan lensa ultrawide di harganya yang sudah mencapai Rp3 jutaan. 

Perlu diketahui bahwa lensa ultrawide memang sangat penting untuk memotret pemandangan seperti pegunungan dan pemandangan lain agar lebih luas dibandingkan dengan lensa utama. Untuk itu, jika Anda sering camping di puncak dan ingin mengabadikan momen menangkap pemandangan secara lebih luas, smartphone ini kurang layak untuk dibeli.

2. Fitur NFC Absen

Tak hanya lensa ultrawide absen, fitur NFC (Near Field Communications) juga turut absen di dalam vivo Y35 ini. Dengan adanya fitur ini tentu ponsel bisa digunakan untuk cek saldo eMoney, melakukan transaksi non tunai dengan cepat dan mudah, mengisi saldo eToll dan masih banyak lagi yang bisa dilakukan dengan hadirnya fitur NFC.

Spesifikasi vivo Y35

Spesifikasi vivo Y35

  • Warna : Dawn Gold, Agatte Black.
  • Dimensi : 164.3 x 76.1 x 8.28 mm.
  • Berat : 188 gram
  • Layar : IPS LCD, 1080 x 2408 piksel, 6.58 inci.
  • Chipset : Snapdragon 680 4G (6 nm).
  • GPU : Adreno 610.
  • RAM : 8 GB.
  • ROM : 128 GB, microSD up to 1 TB.
  • OS : Android 12, Funtouch 12.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, Fast Charging 44W.
  • Kamera Belakang : 50 MP + 2 MP + 2 MP.
  • Kamera Depan :  16 MP.

Harga vivo Y35

Harga vivo Y35

Dilansir dari laman resmi vivo Indonesia bahwasannya vivo Y35 dibanderol dengan harga Rp3.399.000 rupiah dengan RAM 8 GB + Extended RAM 8 GB dan juga penyimpanan internal sebesar 128 GB. Di dalam kotak pembelian, pengguna akan mendapatkan smartphone vivo Y35, dokumentasi, kabel USB Type-C, pengisi daya, SIM Ejector, case pelindung, dan juga lapisan pelindung layar.