0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ

Kelebihan dan Kekurangan iQOO 11 - Spesifikasi & Harga

Akhirnya iQOO secara resmi melakukan debutnya di tanah air pada tanggal 8 Desember 2022. Smartphone yang diluncurkan oleh iQOO pun tak tanggung-tanggung, ia merupakan iQOO 11 5G, salah satu ponsel yang menggunakan SoC (System on Chip) Snapdragon 8 Gen 2 buatan Qualcomm yang pertama di dunia.

Sedikit informasi tambahan, iQOO ini sendiri merupakan submerek dari vivo. Apabila vivo fokus di sektor fotografi dan videografi, iQOO ini berfokus pada perfomanya. Perlu diketahui juga, iQOO adalah singkatan dari i Quest On and On, atau yang secara harfiah bermakna keinginan untuk terus berinovasi.

Dengan hadirnya smartphone besutan iQOO di pasar Indonesia tentu saja menguntungkan bagi konsumen. Bagaimana tidak, pilihan smartphone gaming kelas atas di Indonesia masih belum begitu banyak. Oleh karena itu, iQOO merangsek pasar smartphone gaming kelas atas di tanah air.

iQOO 11 5G ini memang hadir dengan SoC (System on Chip) memadai di kelasnya. Namun, bukan berarti smartphone ini tidak memiliki kekurangan. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, langsung saja simak ulasan sebagai berikut mengenai kelebihan dan kekurangan iQOO 11 5G yang sudah dirangkum penulis.

Kelebihan iQOO 11

Kelebihan iQOO 11

1. Desain

iQOO 11 hadir dengan desain strip dari tiga warna yang diambil dari mobil balap BMW M Motorsport dan Alpha dengan warna hitam yang penampang bodi belakangnya terbuat dari bahan Crystal AG Glass disertai proses metal engraving. Sementara itu, varian Legend menggunakan material vegan leather alias kulit sintetis.

Kemudian modul kamera belakangnya terlihat bersih dan rapi. Seluruh lensa kamera tersebut dilapisi oleh kaca persegi, yang menempel pada bingkai aluminium matte. Dimensi dari si ponsel adalah 164,9 x 77,1 x 8,4 mm dengan berat 208 gram untuk varian Alpha (hitam), dan 164,9 x 77,1 x 8,72 mm dengan berat 205 gram untuk varian Legend (putih).

2. Layar E6 AMOLED

Soal layar, iQOO 11 hadir dengan panel layar E6 AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) dengan bentang 6,7 inci yang mengusung resolusi QHD+ atau 1440 x 3200 piksel pada aspek rasio 20:9 dengan kerapatan 518 ppi (pixel per inch) yang cemerlang disertai dengan refresh rate tinggi yaitu 144Hz.

Lalu layar iQOO 11 juga memiliki touch sampling rate hingga 300Hz. Touch sampling rate yang tinggi penting untuk buat ponsel gaming agar tidak ada jeda antara sentuhan jari dan respons layar. Tidak lupa, iQOO 11 pun diklaim sanggup meraih tingkat kecerahan mencapai 1800 nits (peak). Bahkan, si ponsel juga sudah didukung pemutaran konten HDR10+.

Tidak sampai disitu saja, ponsel yang satu ini juga telah mengadopsi sistem keamanan berupa sensor pemindai sidik jari yang ditandemkan di dalam layar, atau yang kerap disebut In-Display Fingerprint. Bisa dikatakan, ini merupakan teknologi yang lebih modern daripada sensor pemindai sidik jari di samping layar alias side fingerprint.

3. Perfoma Powerful

Berbicara soal perfoma, iQOO 11 ditenagai oleh SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 yang diarsitekturi 4 nanometer dengan konfigurasi octa-core. Ini mengintegrasikan empat Klaster CPU (Central Processing Unit) yang berbeda. Inti utama yang cepat dan besar berdasarkan arsitektur ARM Cortex-X3 (3,2 GHz), dua core lagi berbasis ARM Cortex-A715 (2,8 GHz). Dua core perfoma Cortex-A710 (2,8 GHz) dan tiga core efisiensi daya berbasis ARM Cortex-A510 (2 GHz).

Kemudian, Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 ditopang oleh GPU (Graphics Processing Unit) berupa Adreno 740. Terdapat juga berbagai macam fitur menarik seperti Qualcomm Spectra 18-bit triple, Snapdragon Elite Gaming berteknologi Ray Tracing, Modem-RF Snapdragon X70 5G dengan kecepatan unduhan mencapai 10 Gbps, WiFi 7, dan lain sebagainya.

Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 ini juga disandingkan dengan RAM 16 GB LPDDR5X dan penyimpanan internal sebesar 256 GB UFS 4.0. Selanjutnya, ini juga dibekali fitur ekspansi RAM hingga berkapasitas 8 GB yang memungkinkan si ponsel memiliki total RAM hingga 24 GB.

4. Dual Stereo Speaker

iQOO 11 pun juga sudah didukung dengan dual stereo speaker. Speaker utama diletakkan di frame bawah, dan satunya lagi menyatu dengan earpice di bezel atas layar. Dari informasi yang penulis terima, speaker dari iQOO 11 ini masuk ke dalam kategori bagus, yakni -26,3 LUFS (Loudness Unit Full Scale).

Selain menghadirkan dual stereo speaker, iQOO 11 pun juga dibekali mikrofon ganda. Keberadaan dua mikrofon ganda ini cukup menguntungkan bagi pengguna yang sedang merekam video tanpa mikrofon eksternal. Sebab, ketika salah satu tangan Anda tidak sengaja menutupi mikrofon bagian bawah, suara yang dihasilkan masih tetap ditangkap oleh mikrofon atas.

5. Kamera Utama 50 MP + OIS

Beralih ke sektor kamera, iQOO 11 hadir dengan konfigurasi triple camera di sisi belakangnya. Komposisinya adalah kamera utama berkekuatan 50 MP dengan bukaan f/1.88, kamera telephoto beresolusi 13 MP dengan bukaan f/2.46, dan kamera ultrawide yang memiliki resolusi 8 MP dengan bukaan f/2.2.

Di sisi depan, terdapat sebuah kamera selfie yang memiliki resolusi 16 MP dengan bukaan f/2.45. Oh iya, kamera belakang dari iQOO 11 ini sudah didukung teknologi OIS (Optical Image Stabilization) untuk perekaman video lebih stabil dan mulus. 

Kemudian, kamera belakangnya sanggup merekam video hingga resolusi 8K dan 4K pada 30fps. Sementara itu, kamera selfienya hanya sanggup merekam video hingga resolusi 1080p pada 30fps saja.

6. Fast Charging 120W

iQOO 11 sendiri ditandemkan dengan baterai berkapasitas yang cukup besar dalam membuat ponsel ini bisa tetap berjalan untuk waktu yang lama. Baterai berkapasitas 5.000 mAh ini turut disematkan di smartphone besutan iQOO ini.

Baterai 5.000 mAh pada iQOO 11 ini bukan hanya awet saja, melainkan juga bisa diisi ulang dengan cepat. Pasalnya, iQOO 11 didukung dengan pengisian cepat 120W. iQOO mengklaim, si ponsel hanya membutuhkan waktu setidaknya 25 menit untuk mengisi daya dari kosong hingga penuh.

7. Adanya IR Blaster dan NFC Multifungsi

Infrared (IR) Blaster ini memang bukanlah salah satu fitur ekslusif yang dimiliki oleh ponsel Xiaomi saja. Fitur ini juga bisa Anda jumpai di beberapa ponsel keluarga vivo. Misalnya vivo X70 Pro dan iQOO 11 ini. Perlu diketahui, fungsi dari IR Blaster ini merupakan untuk mengendalikan perangkat elektronik seperti menjadikan HP menjadi remote TV, AC, dan sejenisnya.

Selain IR Blaster, iQOO 11 juga tersematkan fitur NFC (Near Field Communication) Multifungsi yang juga bisa digunakan dalam mengemulasi kredensial kartu akses. Kartu akses ini yang digunakan untuk membuka pintu hotel, apartemen, homestay, dan lain sebagainya.

Kekurangan iQOO 11

Kekurangan iQOO 11

1. Tidak Memiliki IP Rating

iQOO 11 sendiri tidak memiliki IP Rating, baik itu IP53, IP54, dan juga IP67. Oleh karena itu, pengguna sangat disarankan untuk berhati-hati menggunakan ponsel ini agar terhindar dari insiden yang tidak di-inginkan. Jangan sekali-kali mencebutkan ponsel ini ke dalam bak mandi, kolam berenang, dan sebagainya. 

Soalnya ia tidak ada jaminan selamat ketika terkena debu dan air. Dibanderol dengan harga 10 jutaan, sangat disayangkan iQOO 11 tidak menghadirkan IP Rating. Padahal banyak ponsel entry-level sampai dengan mid-range sudah memiliki IP Rating.

Spesifikasi iQOO 11

Spesifikasi iQOO 11

  • Warna : Cosmic Black, Urban Blue.
  • Dimensi : 164.6 x 75.2 x 8.3 mm or 8.8 mm.
  • Berat : 203 gram / 206 gram.
  • Layar : E6 AMOLED, 1440 x 3200 piksel, 6.78 inci.
  • Chipset : Qualcomm SM8550 Snapdragon 8 Gen 2 (4 nm).
  • GPU : Adreno 740.
  • RAM : 16 GB + 8 GB Extended RAM.
  • ROM : 256 GB.
  • OS : Android 13, Funtouch OS 13.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, Fast Charging 120W.
  • Kamera Belakang : 50 MP + 13 MP + 8 MP.
  • Kamera Depan :  16 MP.

Harga iQOO 11

iQOO 11 merupakan ponsel flagship yang mengusung Snapdragon 8 Gen 2 pertama di Indonesia. Selain dapur pacu yang mumpuni, layar dari iQOO 11 juga powerful berkat E6 AMOLED (Active Matrix Organic Light Emiting Diode) dengan refresh rate 144Hz. Harga dari iQOO 11 berdasarkan dari informasi yang penulis himpun dari laman resmi vivo Shop adalah Rp10.999.000 rupiah untuk varian RAM 16 GB dan penyimpanan internal sebesar 256 GB.

Related Posts
Mahesa Putra
Sangat menyukai hal-hal yang berhubungan dengan teknologi, khususnya smartphone. Kini menjadi penulis aktif di Ponselesa.com.

Related Posts