0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

9 Kelebihan dan Kekurangan Tecno Pova 5 Pro 5G - Spesifikasi & Harga

Tecno Pova 5 Pro 5G hadir di Indonesia pada 1 Agustus 2023, bersamaan dengan dua varian lainnya yaitu Tecno Pova 5 dan Tecno Pova Neo 3. Perlu diketahui, smartphone ini dirilis sebagai penerus dari Tecno Pova 4 Pro yang hadir lebih dulu pada bulan Desember 2022 lalu. Sang ponsel pun menawarkan desain futuristik bergaya 3D Mecha di bagian penutup belakangnya. Bahkan, di bagian belakangnya juga terdapat konsep Colorful LED Ambient Light Strip yang menawarkan sembilan warna RGB setiap kali smartphone menerima notifikasi, ada panggilan telepon, saat low battery, dan sebagainya. Tecno Pova 5 Pro 5G pun hadir dalam tiga varian warna, yakni Dark Illusion, Silver Fantasy, dan Free Fire Edition.

Kelebihan dan Kekurangan Tecno Pova 5 Pro 5G

Sektor performa, smartphone gaming di kelas harga murah ini hadir dengan performa powerful di kelasnya dengan dukungan SoC (System on Chip) MediaTek Dimensity 6080 berfabrikasi 6 nanometer dipadukan memori RAM sebesar 8 GB LPDDR4X dan penyimpanan internal sebesar 256 GB UFS 2.2. Kemudian, ia juga diperkuat oleh baterai berkapasitas 5000 mAh lengkap dengan pengisian cepat 68W yang mampu mengisi daya 50% dalam waktu 15 menit.

Tak cukup sampai disitu saja, Tecno Pova 5 Pro 5G ini juga hadir dengan konfigurasi Dual Camera di sisi belakangnya dengan kamera utama berkekuatan 50 MP yang menurut penulis masih bisa bersaing di kelas harganya. Lalu apa saja kira-kira sektor yang diunggulkan dari smartphone dengan harga Rp2 jutaan tersebut? Jika Anda penasaran dengan kemampuan ponsel Tecno Pova 5 Pro 5G, Anda bisa simak beberapa poin kelebihan dan kekurangan Tecno Pova 5 Pro 5G beserta spesifikasi & harganya.

Kelebihan Tecno Pova 5 Pro 5G

Kelebihan Tecno Pova 5 Pro 5G

1. Desain Futuristik

Secara desain, Tecno Pova Series memang dikenal akan tampilan desainnya yang unik dan berbeda dari smartphone lain pada umumnya. Hal ini tentu terus berlanjut dan tetap dipertahankan oleh Tecno Pova 5 Pro 5G. Kali ini, Tecno Pova 5 Pro 5G tampil lebih menawan dengan mengusung tema mecha 3D di bagian penutup belakangnya yang memberikan kesan futuristik ala-ala robot. Bodi dirancang dengan teknologi engraving litografi nano-micro, yakni tekstur 3D yang menyerupai nuansa cahaya dan bayangan tiga dimensi.

Bodi belakang dari sang ponsel hadirkan konsep Colorful LED Ambient Light Strip yang menawarkan sembilan warna RGB setiap kali smartphone menerima notifikasi, ada panggilan telepon, saat low battery, dan sebagainya.

Tecno Pova 5 Pro 5G pun menampilkan efek berkedip pada lampu LED flash pada saat menyinkronkan kecepatan getaran ringtone. Alhasil, cahaya seolah mengikuti suara ringtone yang Anda gunakan. Itu juga berlaku pada saat mengecas ponsel, bodi belakang akan menampilkan warna berbeda sesuai dengan tingkat baterai.

Mengingat ia dibanderol dengan harga Rp2 jutaan, tentu saja bodi belakang dari ponsel ini menggunakan bahan material plastik polikarbonat. Kemudian, ia memiliki dimensi 168,5 x 76,5 x 9 mm. Selain itu, terdapat juga sensor sidik jari di samping bodi yang terintegrasi dengan tombol power.

2. Layar Tajam dengan Refresh Rate 120Hz

Tecno Pova 5 Pro 5G juga dipersenjatai oleh layar sentuh punch hole berukuran 6,78 inci dengan panel IPS (In-Plane Switching) LCD yang mengusung resolusi Full HD+ atau 1080 x 2460 piksel yang menawarkan kerapatan hingga 396 ppi (pixel per inch) pada aspek rasio 20:9 dengan kecerahan puncak mencapai di angka 580 nits (typ).

Menariknya, sang ponsel juga menghadirkan desain bezel yang tidak terlalu tebal dan menganggu. Bahkan, rasio layar ke bodi yang dimilikinya mencapai angka 84,7%.

Layar tersebut juga didukung oleh refresh rate 120Hz yang smooth, serta touch sampling rate 360Hz yang imersif. Dengan angka tersebut, Anda sudah bisa menikmati pergerakan animasi dengan lebih lancar dan mulus.

3. Performa Gegas di Kelasnya

Performa yang ditawarkan oleh Tecno Pova 5 Pro 5G menurut penulis sangat gegas di kelasnya berkat dukungan SoC (System on Chip) MediaTek Dimensity 6080 berfabrikasi 6 nanometer yang mengusung prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A76 berkecepatan 2.4 GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 berkecepatan 2.0 GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 8 GB + extended RAM 8 GB, serta diperkuat oleh pengolah grafis memadai dari GPU (Graphics Processing Unit) Mali G57 MC2.

Tecno Pova 5 Pro 5G ini juga dibekali dengan penyimpanan internal sebesar 256 GB 2.2 serta masih didukung oleh slot microSD dedicated slot untuk melakukan ekspansi memori eksternal hingga berkapasitas 1 TB.

MediaTek Dimensity 6080 tersebut juga turut andalkan teknologi gaming berupa berupa MediaTek HyperEngine 2.0 yang merupakan serangkaian optimasi perangkat untuk memastikan pengalaman gaming lancar, seperti konektivitas yang lebih cepat dan pengelolaan CPU dan GPU yang cerdas.

Menurut data dari NanoReview, chipset dengan fabrikasi 6 nanometer ini mampu mencapai angka 405.746 poin pada AnTuTu v9. Lebih lanjut lagi, chipset tersebut mendapat skor Geekbench 5 sebesar 743 poin untuk single-core dan 1983 untuk multi-core.

4. Adanya Fitur Vapor Chamber Cooling

Selain performa dari chipset, kemampuannya dalam bermain game juga didukung oleh beberapa fitur pendukung untuk gaming. Hal ini juga menjadi salah satu peningkatan yang sebelumnya masih menjadi isu atau masalah yang ditemukan.

Kini sudah adanya Vapor Chamber Cooling yang lebih mumpuni. Terdapat Vapor Chamber Cooling berukuran 1399.65 mm kubik yang dikombinasikan dengan Graphene heatsink 9349.39 mm kubik. Bahkan, sistem pendingin ini juga telah dilengkapi pembuang panas hingga 10 lapisan. Alhasil itu akan membuat suhu CPU berkurang lebih dari 5 derajat celcius setiap reloading.

Itu juga menawarkan aplikasi Game Space yang dapat dimanfaatkan agar bermain game menjadi lebih optimal. Bahkan, pengguna bisa bermain game dengan lebih nyaman dengan memanfaatkan fitur Hide Notification dan Incoming Call Reject sehingga tidak ada lagi teman atau sahabat yang jail ketika Anda sedang bermain game.

5. Kamera Masih Cukup Oke

Sisi fotografi, Tecno Pova 5 Pro 5G menurut penulis masih cukup menarik di kelasnya dengan dukungan dua buah kamera di sisi belakangnya. Untuk komposisinya adalah kamera utama berkekuatan 50 MP yang menggunakan sensor Samsung ISOCELL JN1 1/2.76 inci 0.64um piksel pada bukaan aperture f/1.6 serta diperkuat oleh fitur phase-detection autofocus, dan dual LED flash.

Kemudian kamera kedua dari sang ponsel berkekuatan QVGA yang berfungsi sebagai depth sensor. Kombinasi dua kamera belakang ini tentu mampu menghasilkan efek bokeh melalui mode portrait.

Menilik pada bagian depan, terdapat sebuah kamera selfie berkekuatan 16 MP yang menggunakan sensor BSI CMOS pada bukaan aperture f/2.0 fixed focus. Perihal perekaman video, kamera belakang sang ponsel mampu merekam hingga resolusi 1440p@30fps. Sedangkan kamera selfie hanya mampu merekam pada resolusi 1080p@30fps saja.

6. Fast Charging 68W

Untuk memenuhi kebutuhan dayanya, Tecno Pova 5 Pro 5G hanya didukung oleh baterai berkapasitas 5000 mAh alih-alih 6000 mAh atau di atasnya. Namun, hal tersebut menurut penulis tidak menjadi masalah besar karena masih banyak juga smartphone di rentang harga Rp2 jutaan menawarkan baterai dengan kapasitas serupa.

Selain itu, ia juga dijejalkan fitur pengisian cepat 68W Ultra Charge yang mampu mengisi daya 50% dalam waktu 15 menit. Sementara itu, untuk mengisi daya dari kosong hingga penuh hanya membutuhkan waktu 45 menit saja.

Walaupun tidak memiliki fitur wireless dan reverse charging seperti Infinix Note 30 Pro. Namun, Tecno Pova 5 Pro 5G sudah menghadirkan metode safe charging yang baik. Saat baterai terisi penuh, fitur bypass charging ini akan menyala agar daya listrik langsung memberi pasokan arus ke motherboard. Hal ini tentu bisa mengurangi suhu ponsel dan mengurangi risiko kerusakan akibat menggunakan ponsel saat kondisi mengecas.

7. Kualitas Audio Impresif

Hal menarik lain yang ditawarkan oleh Tecno Pova 5 Pro 5G ini adalah menawarkan pengalaman suara yang impresif. Sebab, sang ponsel menawarkan fitur dual speaker atau stereo yang cukup lantang. Satu hal menarik dari speaker yang dimilikinya adalah lokasi atau letaknya. Tecno Pova 5 Pro 5G menyimpan speaker utamanya di bagian bawah. Sementara itu, speaker keduanya tidak menyatu dengan earpice, melainkan disimpan di bagian bodi atas.

Selain itu, speaker tersebut juga didukung oleh fitur DTS dan Hi-Res yang cukup impresif. Fitur ini mampu mengurangi suara bising dan menghadirkan pengalaman bermain game atau menonton video yang lebih nyata.

8. Konektivitas dan Sensor Lengkap

Keunggulan lainnya yang dimiliki oleh smartphone Tecno Pova 5 Pro 5G ini adalah memiliki konektivitas dan sensor yang lengkap. Dari segi konektivitas, pengguna sudah bisa menikmati fitur NFC (Near Field Communication) yang memiliki fungsi penting yang mana pengguna dapat mengisi saldo e-Money tanpa harus mengampiri minimarket maupun ATM.

Lanjut ke bagian sensor, ponsel ini sudah memiliki fingerprint side-mounted, accelerometer, proximity, compass, hingga gyroscope. Selain itu, terdapat fitur Z-axis linear motor yang berfungsi untuk menambah getaran agar bermain game terasa lebih nyata.

Kekurangan Tecno Pova 5 Pro 5G

Kekurangan Tecno Pova 5 Pro 5G

1. Kamera Ultrawide Absen

Sisi fotografi dari Tecno Pova 5 Pro 5G memang sudah sangat baik di kelasnya lantaran ia memberikan resolusi yang cukup besar. Kendati demikian, absennya sensor ultrawide pada si ponsel bisa jadi deal-breaker. Tecno Mobile malah memilih untuk menghadirkan sensor depth sebagai kamera keduanya. Padahal, belakangan ini sudah banyak ponsel entry-level to mid-range yang menggunakan sensor ultrawide. Sebut saja Xiaomi Redmi 12 4G yang baru-baru ini dirilis di Indonesia.

Spesifikasi Tecno Pova 5 Pro 5G

Spesifikasi Tecno Pova 5 Pro 5G
  • Warna : Dark Illusion, Silver Fantasy, Free Fire Edition.
  • Dimensi : 168.5 x 76.5 x 9 mm.
  • Berat : 220 gram
  • Layar : IPS LCD, 1080 x 2460 piksel, 6.78 inci.
  • Chipset : Mediatek Dimensity 6080 (6 nm).
  • GPU : Mali-G57 MC2.
  • RAM : 8 GB + 8 GB RAM Virtual.
  • ROM : 256 GB.
  • OS : Android 13, HIOS 13.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, Fast Charging 68W.
  • Kamera Belakang : 50 MP + QVGA.
  • Kamera Depan : 16 MP.

Harga Tecno Pova 5 Pro 5G

Harga Tecno Pova 5 Pro 5G

Tecno Pova 5 Pro 5G adalah salah satu smartphone dengan jaringan 5G terbaru yang menawarkan performa sangat gegas di kelasnya dengan dukungan SoC (System on Chip) MediaTek Dimensity 6080 serta diperkuat oleh baterai 5000 mAh lengkap dengan pengisian cepat 68W yang mampu mengisi daya 50% dalam kurun waktu 15 menit. Selain itu, ponsel ini juga hadir dengan konfigurasi Dual Camera di sisi belakangnya dengan kamera utama berkekuatan 50 MP yang memadai. Harga smartphone Tecno Pova 5 Pro 5G terbaru di Indonesia berdasarkan dari informasi yang penulis himpun adalah Rp2.999.000 rupiah untuk varian RAM 8 GB dengan penyimpanan internal sebesar 256 GB.