0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

Perbedaan Tecno Pova 5 dan Tecno Pova 5 Pro 5G: Sama-sama Usung Desain Futuristik dengan Performa Memadai

Perbedaan Tecno Pova 5 dan Tecno Pova 5 Pro 5G: Sama-sama Usung Desain Futuristik dengan Performa Memadai - Tecno Mobile belum lama ini merilis Tecno Pova 5 series yang terdiri dari Tecno Pova 5 dan Tecno Pova 5 Pro 5G di Indonesia dengan jargon "Full Fire For Freedeom". Kedua smartphone ini juga tampil futuristik yang mengusung tema 3D mecha di penutup belakangnya yang memberikan kesan ala-ala robot atau smartphone gaming, sehingga cukup unik dan berbeda dengan beberapa HP lainnya di kelas yang sama.

Perbedaan Tecno Pova 5 dan Tecno Pova 5 Pro 5G

Berbicara soal performa, Tecno Pova 5 Pro 5G tentu lebih kencang dari varian reguler dengan dukungan SoC (System on Chip) MediaTek Dimensity 6080 berfabrikasi 6 nanometer dipadukan dengan memori RAM 8 GB LPDDR4X. Sementara itu, Tecno Pova 5 hanya ditopang oleh SoC (System on Chip) MediaTek Helio G99 berfabrikasi 6 nanometer yang juga dipadukan dengan memori RAM sebesar 8 GB LPDDR4X. Lalu apa saja sih perbedaan Tecno Pova 5 dan Tecno Pova 5 Pro 5G ini? Untuk mengetahui jawabannya, langsung saja simak ulasan sebagai berikut.

Spesifikasi Tecno Pova 5

Spesifikasi Tecno Pova 5
  • Warna : Mecha Black, Amber Gold, dan Free Fire Edition.
  • Dimensi : 168.6 x 76.6 x 9 mm.
  • Berat : 219.4 gram
  • Layar : IPS LCD, 1080 x 2460 piksel, 6.78 inci.
  • Chipset : Mediatek MT8781 Helio G99 (6nm).
  • GPU : Mali-G57 MC2.
  • RAM : 8 GB + 8 GB RAM Virtual.
  • ROM : 256 GB.
  • OS : Android 13, HIOS 13.
  • Baterai : Li-Po 6000 mAh, Fast Charging 45W.
  • Kamera Belakang : 50 MP + QVGA.
  • Kamera Depan : 8 MP.

Spesifikasi Tecno Pova 5 Pro 5G

Spesifikasi Tecno Pova 5 Pro 5G
  • Warna : Dark Illusion, Silver Fantasy, Free Fire Edition.
  • Dimensi : 168.5 x 76.5 x 9 mm.
  • Berat : 220 gram
  • Layar : IPS LCD, 1080 x 2460 piksel, 6.78 inci.
  • Chipset : Mediatek Dimensity 6080 (6 nm).
  • GPU : Mali-G57 MC2.
  • RAM : 8 GB + 8 GB RAM Virtual.
  • ROM : 256 GB.
  • OS : Android 13, HIOS 13.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, Fast Charging 68W.
  • Kamera Belakang : 50 MP + QVGA.
  • Kamera Depan : 16 MP.

Perbedaan Tecno Pova 5 dan Tecno Pova 5 Pro 5G

Perbedaan Tecno Pova 5 dan Tecno Pova 5 Pro 5G: Sama-sama Usung Desain Futuristik dengan Performa Memadai

Secara desain, Tecno Pova Series memang dikenal akan tampilan desainnya yang unik dan berbeda dari smartphone lain pada umumnya. Hal ini tentu terus berlanjut dan tetap dipertahankan oleh Tecno Pova 5. Kali ini, Tecno Pova 5 tampil lebih menawan dengan mengusung tema mecha 3D di bagian penutup belakangnya. Tecno sendiri menamai desain tersebut dengan sebutan yang tak kalah keren, yakni Turbo Mecha Design.

Adapun beberapa varian warna yang ditawarkan oleh Tecno Mobile. Mulai dari Mecha Black dan Amber Gold yang sangat cocok bagi Anda untuk mendapatkan tampilan lebih keren. Akan tetapi, jika Anda ingin tampil lebih mencolok, penulis sarankan untuk memilih varian Free Fire Edition.

Tampilan smartphone ini benar-benar keren, mulai dari pola garis-garis, hingga tekstur yang khas pada saat disentuh. Sama seperti generasi sebelumnya, Tecno Pova 5 juga memiliki bentuk housing kamera yang unik dan khas. Dengan mengikuti pola yang ada, housing tersebut terlihat pas dengan warna hitam pekat walaupun memiliki ukuran yang sedikit lebih besar.

Hal menarik yang membuat housing kamera pada ponsel ini adalah desainnya yang dibuat rata. Di dalamnya terdapat dua buah kamera dan satu buah LED flash. Tetapi, tidak ada satu pun kamera yang terlihat menonjol. Bahkan, di sisi samping atau frame-nya pun dibuat rata dengan sudut yang tidak tajam, sehingga tetap nyaman ketika digenggam.

Sedangkan Tecno Pova 5 Pro 5G juga mengusung tema mecha 3D di bagian penutup belakangnya yang memberikan kesan futuristik ala-ala robot. Bodi dirancang dengan teknologi engraving litografi nano-micro, yakni tekstur 3D yang menyerupai nuansa cahaya dan bayangan tiga dimensi.

Bodi belakang dari sang ponsel hadirkan konsep Colorful LED Ambient Light Strip yang menawarkan sembilan warna RGB setiap kali smartphone menerima notifikasi, ada panggilan telepon, saat low battery, dan sebagainya.

Tecno Pova 5 Pro 5G pun menampilkan efek berkedip pada lampu LED flash pada saat menyinkronkan kecepatan getaran ringtone. Alhasil, cahaya seolah mengikuti suara ringtone yang Anda gunakan. Itu juga berlaku pada saat mengecas ponsel, bodi belakang akan menampilkan warna berbeda sesuai dengan tingkat baterai.

Mengingat ia dibanderol dengan harga Rp2 jutaan, tentu saja bodi belakang dari ponsel ini menggunakan bahan material plastik polikarbonat. Kemudian, ia memiliki dimensi 168,5 x 76,5 x 9 mm. Selain itu, terdapat juga sensor sidik jari di samping bodi yang terintegrasi dengan tombol power.

1. Performa

Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa Tecno Pova 5 Pro 5G memiliki performa yang jauh lebih unggul dari varian regulernya dengan sokongan SoC (System on Chip) MediaTek Dimensity 6080 berfabrikasi 6 nanometer yang mengusung prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A76 berkecepatan 2.4 GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 berkecepatan 2.0 GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 8 GB + extended RAM 8 GB, serta diperkuat oleh pengolah grafis memadai dari GPU (Graphics Processing Unit) Mali G57 MC2.

Menurut data dari NanoReview, MediaTek Dimensity 8050 ini mampu mencapai angka 405.746 poin pada AnTuTu v9. Lebih lanjut lagi, chipset tersebut mendapat skor Geekbench 5 sebesar 743 poin untuk single-core dan 1983 untuk multi-core.

Sedangkan Tecno Pova 5 harus mengakui keunggulan Tecno Pova 5 Pro 5G karena hanya ditopang oleh SoC (System on Chip) MediaTek Helio G99 MT8781 berfabrikasi 6 nanometer yang mengusung octa-core prosesor yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A76 berkecepatan 2,2 GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 berkecepatan 2 GHz dipadukan RAM 8 GB, serta diperkuat oleh pengolah grafis memadai dari GPU (Graphics Processing Unit) Mali-G57 MC2.

Menurut data dari Nanoreview, MediaTek Helio G99 ini mampu meraih skor 375.347 pada AnTuTu v9 Bechmark. Sedangkan pada GeekBench 5, MediaTek Helio G99 meraih skor 560 untuk single-core dan 1.831 untuk multi-core. Itu juga diuji menggunakan 3DMark Wild Life Performance dan meraih skor 1.230.

2. Kamera Selfie

Jika Anda lebih berfokus pada kamera selfie, tentu Tecno Pova 5 Pro 5G menjadi pilihan menarik dibandingkan Tecno Pova 5 dengan dukungan kamera selfie berkekuatan 16 MP yang menggunakan sensor BSI CMOS pada bukaan aperture f/2.0 fixed focus. Sementara itu, Tecno Pova 5 Pro hanya memiliki kamera selfie berkekuatan 8 MP yang menggunakan sensor BSI CMOS pada bukaan aperture f/2.0 fixed focus.

3. Kapasitas Baterai

Tecno Pova 5 reguler masih setia menggunakan kapasitas baterai 6000 mAh seperti pendahulunya, yakni Tecno Pova 4 dan Tecno Pova 4 Pro. Akan tetapi, Tecno Pova 5 Pro 5G justru menurunkan kapasitasnya menjadi 5000 mAh.

Namun, kedua dari smartphone tersebut sudah dijejalkan fitur penghematan baterai seperti Power Boost dan Ultra Power Saving. Fitur Power Boost ini akan menonaktifkan getaran, membatasi volume dan notifikasi, serta mengaktifkan adaptive brightness untuk menghemat penggunaan baterai.

Sedangkan fitur Ultra Power Saving adalah cara yang lebih ekstrem untuk menghemat daya. Umumnya ini digunakan saat tidak sedang berada di lokasi dekat stop kontak dan baterai sudah dibawah 10%.

4. Pengisian Cepat

Tecno Pova 5 Pro 5G memang memiliki baterai yang lebih kecil, namun fitur pengisian cepat-nya jauh meningkat dibanding sebelumnya. Di saat varian reguler hanya dibekali pengisian cepat 45W, varian Pro 5G sudah dibekali pengisian cepat 68W yang jauh lebih superior untuk sekelasnya.

Bagaimana tidak, Tecno Pova 5 Pro 5G hanya membutuhkan waktu 15 menit untuk mengisi daya 50%, dan hanya memakan waktu 45 menit untuk mengisi daya dari kosong hingga penuh.

Sedangkan Tecno Pova 5 dengan pengisian cepat 45W membutuhkan waktu 21 menit untuk mengisi daya 50%, dan hanya memakan waktu 60 menit untuk mengisi hingga 100%.

Tak hanya itu, kedua ponsel ini pun sudah menghadirkan metode safe charging yang baik. Saat baterai terisi penuh, fitur bypass charging ini akan menyala agar daya listrik langsung memberi pasokan arus ke motherboard. Hal ini tentu bisa mengurangi suhu ponsel dan mengurangi risiko kerusakan akibat menggunakan ponsel saat kondisi mengecas.

5. Dukungan Jaringan 5G

Sesuai dengan namanya, Tecno Pova 5 Pro 5G sendiri telah didukung oleh teknologi 5G berkat SoC (System on Chip) MediaTek Dimensity 6080 5G yang digunakan. Perlu diketahui, jaringan 5G sendiri mampu menawarkan kecepatan koneksi data yang jauh lebih cepat dari 4G LTE yang dimiliki oleh Tecno Pova 5, yakni kecepatan download maksimal 2,1 Gbps dan kecepatan upload maksimal 245 Mbps.

Harga Tecno Pova 5 dan Tecno Pova 5 Pro 5G

Harga Tecno Pova 5 dan Tecno Pova 5 Pro 5G

Tecno Pova 5 merupakan salah satu smartphone entry to mid terbaru yang menawarkan performa powerful dengan sokongan SoC (System on Chip) MediaTek Helio G99 serta diperkuat oleh baterai berkapasitas 6000 mAh dengan fitur pengisian cepat 45W. Selain itu, ponsel ini juga hadir dengan konfigurasi Dual Camera di sisi belakangnya dengan kamera utama berkekuatan 50 MP yang memadai. Harga dari smartphone Tecno Pova 5 terbaru di Indonesia berdasarkan dari informasi yang penulis himpun adalah Rp2.299.000 rupiah untuk varian RAM 8 GB dengan penyimpanan internal sebesar 256 GB.

Sementara itu, Tecno Pova 5 Pro 5G adalah salah satu smartphone dengan jaringan 5G terbaru yang menawarkan performa sangat gegas di kelasnya dengan dukungan SoC (System on Chip) MediaTek Dimensity 6080 serta diperkuat oleh baterai 5000 mAh lengkap dengan pengisian cepat 68W yang mampu mengisi daya 50% dalam kurun waktu 15 menit. Selain itu, ponsel ini juga hadir dengan konfigurasi Dual Camera di sisi belakangnya dengan kamera utama berkekuatan 50 MP yang memadai. Harga smartphone Tecno Pova 5 Pro 5G terbaru di Indonesia berdasarkan dari informasi yang penulis himpun adalah Rp2.999.000 rupiah untuk varian RAM 8 GB dengan penyimpanan internal sebesar 256 GB.