0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

Harga dan Spesifikasi Tecno Spark 20C, Smartphone Murah dengan Stereo Speaker

Harga dan Spesifikasi Tecno Spark 20C, Smartphone Murah dengan Stereo Speaker - Tecno Spark 20C menjadi sorotan dengan sejumlah fitur menarik yang ditawarkan. Dua di antaranya berkat kehadiran layar luas dan desain yang memukau. Tak hanya itu, ponsel terbaru besutan Tecno ini juga merupakan salah satu smartphone murah yang dilengkapi fitur stereo speaker termurah saat ini. Selama ini speaker stereo hanya dimiliki smartphone menengah dengan harga di atas Rp 2 jutaan saja. Keunggulan speaker stereo sendiri mampu memberikan pengalaman menikmati konten multimedia seperti mendengarkan lagu, menonton video, hingga bermain game.

Berbicara soal performa, smartphone Tecno Spark 20C ini ditopang oleh SoC (System on Chip) MediaTek Helio G36 octa-core dipadukan dengan memori RAM 4 GB atau 8 GB. Sektor kamera, Tecno Spark 20C mengandalkan kamera utama berkekuatan 50 MP yang cukup bersaing untuk kelas harganya. Kemudian, ini didukung baterai berkapasitas 5000 mAh lengkap dengan pengisian cepat 18W yang standar di kelasnya.

Harga dan Spesifikasi Tecno Spark 20C, Smartphone Murah dengan Stereo Speaker

Tecno Spark 20C hadir dengan desain yang mirip iPhone. Ada dua lensa kamera dan satu LED flash dengan bentuk boba ala smartphone jebolan Apple tersebut. Jika dilihat secara sekilas, mungkin kita mengira kalau HP besutan Tecno ini adalah iPhone seri terbaru. Selain itu, bodi belakangnya pun dibuat dengan tekstur menyerupai kulit. Alhasil, kesan mewahnya makin terasa.

Di bagian bawah, terdapat port USB Type-C, audio jack 3.5 mm untuk pasang earphone kabel, dan grill speaker yang juga bisa ditemukan di bagian atasnya. Lalu, di sebelah kanan bodi ada tombol power dan volume, dan di kiri ada slot microSD juga kartu SIM.

Sementara itu, bagian depan smartphone Tecno Spark 20C ini dihiasi bezel yang lumayan tipis, membawa kesan lega pada sektor layarnya. Kemudian, ada kamera selfie berbentuk punch-hole yang terkesan modern dan cukup jarang ditemuai di kelas harganya.

Smartphone Tecno Spark 20C dipersenjatai layar sentuh punch hole dengan aspek rasio 20:9 berukuran 6,6 inci dengan panel IPS (In-Plane Switching) LCD yang mengusung resolusi HD+ atau 720 x 1612 piksel yang menawarkan kerapatan mencapai 267 ppi (pixel per inch) yang cemerlang dengan kecerahan hingga 500 nits.

Nah, menariknya, layar sang ponsel ini punya refresh rate 90Hz. Teknologi ini membuat pergerakan layar jadi lebih lancar saat Anda scrolling. Motion dari animasi game pun akan terasa lebih mulus. Tecno Spark 20C pun juga turut menghadirkan opsi untuk mengatur tingkat kehalusan pergerakan layarnya. Alhasil, Anda bisa mengatur sesuai dengan keinginan.

Bukan hanya itu saja, layar Tecno Spark 20C pun membawa beberapa fitur menarik lain, seperti Eye Protection. Fitur ini dapat membantu menjaga kesehatan mata Anda dari bahaya sinar biru ketika menatap layar dalam waktu lama. Selain itu, ada fitur Dynamic Island.

Kinerja yang ditawarkan oleh smartphone Tecno Spark 20C memang bukan yang terkencang di kelas harganya. Akan tetapi, itu sudah memadai untuk komputasi ringan sehari-hari. Pasalnya, smartphone ini ditopang oleh SoC (System on Chip) MediaTek Helio G36 yang mengusung prosesor octa-core ARM Cortex-A53 64-bit yang terdiri dari quad-core 2,2 GHz dan quad-core berkecepatan 1,6 GHz dipadukan dengan memori RAM 4 GB atau 8 GB, serta diperkuat oleh pengolah grafis memadai dari GPU (Graphics Processing Unit) PowerVR Rogue GE8320 680MHz.

Guna mendukung kelancaran performa, smartphone ini menghadirkan kapasitas memori internal yang terbilang lega, yakni 128 GB. Kinerja dapur pacu yang digunakan oleh Tecno Spark 20C sudah oke untuk menjalankan berbagai aktivitas ringan. Contohnya seperti scrolling media sosial atau menonton video.

Jika di antara Anda kurang puas dengan penyimpanan internal berkapasitas 128 GB, tak perlu risau. Sebab, ponsel ini telah memiliki tiga slot khusus. Dua di antaranya untuk kartu SIM, dan satu lainnya untuk menambahkan slot microSD.

Kapasitas memori eksternal yang dapat Anda tambahkan di ponsel ini pun besar, yakni 1 TB. Untuk itu, Anda tidak perlu khawatir akan kehabisan memori penyimpanan.

Menariknya lagi, ponsel mendukung penambahan kapasitas RAM hingga 4 GB atau 8 GB. Fitur yang dikenal dengan nama MemFusion ini akan meminjam sebagian kapasitas penyimpanan internal smartphone ini.

Beralih ke sektor kamera, Tecno Spark 20C tergolong mumpuni di kelasnya lantaran didukung dua buah kamera belakang dengan kamera utama berkekuatan 50 MP pada bukaan aperture f/1.9 yang menggunakan sensor Samsung ISOCELL JN1/2.76 inci 0.64um piksel yang didukung fitur phase-detection autofocus, dan dual LED flash.

Sedangkan kamera kedua berkekuatan QVGA yang berfungsi sebagai depth sensor dan AI Lens. Kombinasi dari kedua kamera tersebut mampu menghasilkan portrait atau efek bokeh melalui mode portrait.

Menilik pada bagian depan, terdapat sebuah kamera selfie berkekuatan 8 MP yang menggunakan sensor BSI CMOS pada bukaan aperture f/2.2. Perihal perekaman video, baik kamera depan maupun belakang sama-sama mampu merekam hingga resolusi 1080p@30fps.

Tak lengkap rasanya jika Anda sering nonton film atau bermain game apabila audio-nya kurang mantap. Untungnya, smartphone Tecno Spark 20C hadir dengan konfigurasi dua buah kamera alias stereo di bagian atas dan juga bawah.

Speaker stereo tersebut juga sudah didukung dengan teknologi audio dari DTS. Dengan demikian, kualitas suara yang dihasilkan dari dua buah speaker Tecno Spark 20C sudah cukup baik. Anda bisa menikmati pengalaman audiovisual terbaik di kelasnya dengan sektor audio ponsel ini.

Adapun juga port audio jack 3.5 mm yang tersemat di Tecno Spark 20C. Jadi, Anda dapat memasang earphone atau headphone kabel tanpa harus menggunakan dongle tambahan.

Sektor baterai smartphone Tecno Spark 20C pun bisa dikatakan menarik. Pasalnya, sang ponsel didukung baterai berkapasitas 5000 mAh yang terkenal awet seharian. Selain itu, terdapat juga fitur pengisian cepat 18W sehingga proses pengisian daya tidak membutuhkan waktu yang begitu lama.

Berdasarkan hasil uji kanal YouTube JagatReview, dibutuhkan waktu sekitar 2 jam lebih untuk mengisi baterai Tecno Spark 20C dari kosong hingga penuh.

Tecno Spark 20C juga punya sensor sidik jari yang diletakkan di samping bodi yang menyatu dengan tombol power. Kelengkapan sensor lainnya juga sudah oke. Ada compass, proximity, dan accelerometer. Sayang, sensor giroskop hardware absen di ponsel ini. Alhasil, pengalaman gaming mungkin akan terasa kurang maksimal.

Namun, ponsel ini sudah menghadirkan fitur NFC (Near Field Communication). Jadi, Anda bisa melakukan transaksi digital, seperti mengisi saldo e-money, atau melakukan transfer data dengan lebih cepat.

Harga dan Spesifikasi Tecno Spark 20C

Spesifikasi Tecno Spark 20C

  • Rilis di Indonesia : Mei 2024
  • Warna : Mystery White, Alpenglow Gold, Gravity Black
  • Dimensi : 163.7 x 75.6 x 8.6 mm
  • Berat : - gram
  • Layar : IPS LCD dengan ukuran 6,6 inci beresolusi HD+ alias 720 x 1612, kerapatan 267 ppi, 480 nits, refresh rate 90Hz
  • Chipset : Mediatek Helio G36 (12 nm), Octa-core (4x2.2 GHz Cortex-A53 & 4x1.6 GHz Cortex-A53)
  • Grafis : PowerVR GE8320
  • Sistem Operasi : Android 13
  • Memori : RAM 4 GB dan ROM 128 GB / RAM 8 GB dan ROM 128 GB
  • Kamera Belakang : 50 MP, (wide), 1/2.8", PDAF + 0.08 MP (auxiliary lens), Dual-LED flash, HDR, 1080p@30fps
  • Kamera Depan : 8 MP (wide), 1080p@30fps
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, 18W wired
  • Konektivitas : Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Bluetooth 5.3, A2DP, LE, GPS, FM radio, NFC, USB Type-C 2.0, OTG
  • Sensor : Fingerprint (side-mounted), accelerometer, compass

Harga Tecno Spark 20C

Tecno Spark 20C adalah salah satu smartphone dengan dukungan speaker stereo termurah di Indonesia saat ini yang ditopang oleh SoC (System on Chip) MediaTek Helio G36 octa-core masih oke untuk sekelas harganya. Tak hanya itu, ponsel juga punya layar luas berukuran 6,6 inci dengan refresh rate 90Hz yang imersif. Harga smartphone Tecno Spark 20C terbaru di Indonesia berdasarkan dari informasi yang penulis himpun adalah Rp1.199.000 rupiah untuk varian RAM 4 GB dan ROM 128 GB. Sementara itu, varian RAM 8 GB dan ROM 128 GB dibanderol dengan harga Rp1.399.000 rupiah.