0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

Kelebihan dan Kekurangan OPPO Reno8 T 4G - Spesifikasi & Harga

Usai meluncurkan seri OPPO Reno8 series beberapa waktu lalu, OPPO Indonesia melanjutkannya dengan menghadirkan smartphone OPPO Reno8 T series yang terdiri dari OPPO Reno8 T 4G dan juga OPPO Reno8 T 5G. Menariknya lagi dari OPPO Reno8 T series ini adalah menghadirkan desain mewah dan unik dengan dukungan penutup belakang berbahan fiberglass leather atau bertekstur kulit disertai efek jahitan kulit yang dipadukan juga dengan frame melengkung yang tergolong elegan, ini juga hadir tanpa housing kamera serta dilengkapi oleh Orbit Light.

Kelebihan dan Kekurangan OPPO Reno8 T 4G

Bersaing di kelas mid-range atau menengah, OPPO Reno8 T 4G ini ditenagai oleh SoC (System on Chip) MediaTek Helio G99 serta didukung oleh memori RAM 8 GB LPDDR4X dengan penyimpanan internal sebesar 256 GB UFS2.2. Selain itu, ponsel kelas menengah besutan OPPO Indonesia ini pun juga menghadirkan kamera utama berkekuatan 100 MP dengan 6P lensa aperture f/1.7, dan hadir dengan kamera selfie yang cukup mumpuni di kelasnya dengan resolusi 32 MP yang menggunakan sensor Sony IMX709 1/2.74 inci 0.8um.

Nah, daripada Anda membeli kucing dalam karung, alangkah baiknya simak kelebihan dan kekurangan OPPO Reno8 T 4G yang akan penulis jabarkan sebagai berikut.

Kelebihan OPPO Reno8 T 4G

Kelebihan OPPO Reno8 T 4G

1. Desain Mewah

OPPO memang selalu meluncurkan sebuah desain mewah atau sylish pada setiap produk-produk yang diluncurkannya, tidak terkecuali OPPO Reno8 T 4G ini. Pasalnya, ponsel ini dibekali dua buah cincin lensa. Dua Dua cincin lensa tersebut mencakup tiga kamera untuk bagian atas menjadi rumah kamera utama-nya, dan di bawahnya menampung lensa macro, depth, dan juga LED Flash. Bisa dikatakan, desain yang dihadirkan oleh OPPO Reno8 T 4G cukup mewah, dengan warna Sunset Orange pada penutup belakangnya yang memiliki tekstur seperti kulit dan tahan terhadap sidik jari. 

Uniknya, bagian lensa utama dari OPPO Reno8 T 4G ini memiliki lingkaran lampu yang dinamakan Orbit Light, Anda juga dapat melakukan penyesuaian kapan Orbit Light tersebut nyala, sampai dengan merubah warna pada Orbit Light tersebut

Pada bagian frame-nya berkilau emas glossy berbentuk lenkung, sehingga akan cukup nyaman ketika digenggam. Adapun dua varian warna yang diluncurkan OPPO Indonesia ini yaitu Sunset Orange dan Midnight Black yang dibalut dalam dimensi 160.8 x 73.84 x 7.8 mm dengan bobot 183 gram (Sunset Orange) dan 180 gram (Midnight Black.

2. Panel Layar AMOLED + 90Hz

OPPO Reno8 T 4G dipersenjatai layar sentuh punch hole berdiagonal 6,41 inci dengan panel layar AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) beresolusi Full HD+ atau 1080 x 2400 piksel yang menawarkan kerapatan mencapai 409 ppi (pixel per inch) dengan tingkat kecerahan 600 nits (HBM) dan puncak mencapai di angka 800 nits.

Layar tersebut juga mampu dalam menampilkan 97% NTSC dan 100% DCI-P3 color gamut yang cemerlang. Kemudian, layar tersebut juga sudah didukung oleh refresh rate 90Hz dan touch sampling rate 120Hz (5 jari) dan maksimum 180Hz (2 jari). 

Bahkan, layarnya juga memiliki kedalaman warna sebanyak 16,7 juta (8-bit). Tidak lupa, layarnya pun sudah dilengkapi oleh kaca pelindung berjenis Corning Gorilla Glass 5. Bahkan, OPPO Reno8 T 4G mendukung fingerprint under display alias di dalam layar.

3. Memori Cukup Lega

Ketika mencari sebuah ponsel yang akan digunakan untuk jangka panjang, tentunya konsumen akan mencari memori RAM dan penyimpanan internal yang lebih besar guna mendukung produktivitas pengguna ketika scrolling media sosial, sampai dengan menyimpan foto, video, aplikasi, dokumen, musik, dan lain sebagainya.

Terdapat satu varian yang ditawarkan oleh OPPO Reno8 T 4G ini yaitu RAM 8 GB dual-channel berkecepatan 2133MHz tipe LPDDR4X dan penyimpanan internal sebesar 256 GB UFS 2.2. Tak hanya itu, OPPO Reno8 T 4G ini juga rupanya masih menghadirkan sim tray Triple Slot, sehingga Anda masih bisa memasukkan dual kartu SIM + microSD secara bersamaan.

4. Baterai 5000 mAh

Beralih ke sektor baterai, OPPO Reno8 T 4G ini dibekali baterai berkapasitas 5000 mAh. Dengan baterai sebesar itu, OPPO Reno8 T 4G dirancang agar dapat memanjakan pengguna ketika menggunakan ponsel ini dalam seharian penuh.

Dari informasi yang penulis himpun, ketika digunakan untuk menjalankan aplikasi TikTok, YouTube, Facebook, sampai dengan nonton Streaming hanya berkurang sebanyak 6-7% saja. Kemudian, ketika digunakan untuk bermain game Mobile Legends selama 30 menit berkurang sebanyak 6%, dan bermain Genshin Impact selama 30 menit hanya berkurang 11%.

Selain itu, OPPO Reno8 T 4G ini juga didukung oleh pengisian cepat 33W SuperVOOC yang mampu mengisi daya dari kosong hingga 48% hanya dalam waktu 30 menit, dan mengisi daya hingga penuh alias 100% hanya membutuhkan waktu 1 jam 14 menit saja.

5. Kamera Utama 100 MP

OPPO Reno8 T 4G hadir dengan konfigurasi Triple Camera dengan komposisi kamera utama berkekuatan 100 MP dengan 6P lensa aperture f/1.7 yang menggunakan sensor BSI CMOS serta diperkuat juga oleh fitur phase-detection autofocus, AI, dan juga LED flash.

Kamera kedua dari ponsel ini berkekuatan 2 MP bukaan f/2.4 sebagai depth sensor, dan terdapat juga kamera terakhir berkekuatan 2 MP dengan bukaan f/3.3 dedicated macro atau Microlens guna mendukung perbesaran hingga 40x untuk memotret obyek berukuran kecil.

Bahkan, kamera belakang dari OPPO Reno8 T 4G ini pun didukung oleh berbagai macam fitur fotografi yang menarik seperti foto, video, malam, expert, panorama, potret, time-lapse, slow-mo, pemindai teks, dual-view video, stiker, extra HD, microlens, serta Google Lens.

Menilik pada bagian depan, OPPO Reno8 T 4G didukung oleh kamera depan mumpuni untuk foto selfie berkat resolusi 32 MP yang menggunakan sensor Sony IMX709 1/2.74 inci 0.8um piksel dengan lensa 27mm bukaan aperture f/2.4.

Kamera depan dari ponsel kelas menengah besutan OPPO ini juga didukung oleh fitur foto, video, panorama, expert, malam, time-lapse, dual-view video, dan juga stiker.

Perihal perekaman video, kamera belakang dari OPPO Reno8 T 4G in mampu merekam video hingga resolusi 1080p@30fps. Sementara itu, kamera depannya juga mendukung perekaman video hingga resolusi 1080p@30fps.

6. Dukungan Fitur NFC

Fitur NFC (Near Field Communication) memang bukan lagi digunakan oleh ponsel di kelas flagship. Namun, fitur NFC (Near Field Communication) ini sudah digunakan oleh digunakan oleh smartphone di kelas entry-level sampai dengan mid-range, tidak terkecuali OPPO Reno8 T 4G ini.

Dengan dukungan fitur NFC (Near Field Communication), tentunya pengguna dapat mengisi saldo eMoney dengan cara membuka aplikasi dan menempelkan kartu ke bagian belakang bodi OPPO Reno8 T 4G. Ini juga tentu akan memudahkan pengendara roda dua hingga roda empat saat hendak melalui tol maupun parkir.

7. Dibekali Dual Stereo Speaker

Mungkin banyak dari mereka yang mempertimbangkan kualitas suara ketika membeli sebuah smartphone. Beruntung, OPPO Reno8 T 4G hadir dengan speaker stereo yang cukup nendang dan jernih dikarenakan ia meletakkan dual speaker ini di bagian atas dan juga bawah. Sehingga, bagi mereka yang sangat suka dalam menonton film, mendengarkan musik atau bahkan bermain game akan sangat nyaman dengan hadirnya speaker stereo. 

Kekurangan OPPO Reno8 T 4G

Kekurangan OPPO Reno8 T 4G

1. Performa Kurang Cocok di Kelasnya

Apakah MediaTek Helio G99 termasuk sebagai SoC (System on Chip) bertenaga? Tergantung. Jika ini digunakan pada ponsel 2-3 juta-an seperti Realme 10 4G, Tecno POVA 4 Pro, POCO M5, dan sejenisnya, tentu iya. Namun untuk ponsel seharga Rp4.9 juta kurang seribu seperti OPPO Reno8 T 4G, rasanya tidak lazim.

Jika Anda ingin mencari ponsel dengan SoC (System on Chip) layar di harga Rp4 juta-an, masih banyak alternatif yang lebih baik. Misalnya saja vivo T1 Pro 5G, POCO F4 (6/128GB) yang sudah turun harga, Realme 9 Pro+, dan Xiaomi 12 Lite yang juga turun harga.

SoC (System on Chip) MediaTek Helio G99 dengan fabrikasi 6 nanometer ini mengusung prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core high perfomance ARM Cortex-A76 berkecepatan 2.2 GHz, dan hexa-core eifiensi ARM Cortex-A55 berkecepatan 2.0 GHz, ini juga diperkuat oleh grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) berupa Mali-G57 MC2.

2. Tanpa Lensa Ultrawide

Kemampuan OPPO Reno8 T 4G dalam hasilkan foto berkualitas memang tidak perlu dipertanyakan. Hanya saja, rupanya ponsel ini memiliki kekurangan yang cukup fatal di mata fotografer mengingat si ponsel dibanderol dengan harga Rp4 juta-an. Yakni, tanpa hadirnya lensa ultrawide.

Absennya lensa ultrawide, ponsel pun tidak bisa memotret pemandangan dengan optimal. Sebab, yang dimuat dalam satu frame akan lebih sempit dibanding lensa ultrawide. Ini juga berlaku pada saat Anda ingin foto grup dengan banyak orang, kemungkinan mereka harus berdempet agar semua bisa masuk ke dalam frame.

3. Belum Mendukung 5G

Mengingat si ponsel hanya mengandalkan SoC (System on Chip) MediaTek Helio G99, bukan Dimensity. Artinya, OPPO Reno8 T 4G memang tidak menyediakan jaringan seluler generasi kelima alias 5G. Ia hanya mendukung jaringan 4G LTE Dual Sim Card.

Spesifikasi OPPO Reno8 T 4G

Spesifikasi OPPO Reno8 T 4G
  • Warna : Midnight Black dan Sunset Orange.
  • Dimensi : 160.8 x 73.84 x 7.8 mm.
  • Berat : 180 gram (Midnight Black), 183 gram (Sunset Orange).
  • Layar : AMOLED, 1080 x 2400, 6.43 inci.
  • Chipset : Mediatek Helio G99 (6 nm).
  • GPU : Mali-G57 MC2.
  • RAM :8 GB + 8 GB Extended RAM.
  • ROM : 256 GB.
  • OS : Android 13, ColorOS 13.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, Fast Charging 33W SuperVOOC.
  • Kamera Belakang : 100 MP + 2 MP + 2 MP.
  • Kamera Depan : 32 MP.

Harga OPPO Reno8 T 4G

Harga OPPO Reno8 T 4G

OPPO Reno8 T 4G merupakan sebuah smartphone atau ponsel kelas menengah yang menghadirkan desain mewah lantaran adanya tekstur seperti kulit, khususnya pada varian warna Sunset Orange. Di sisi lain, kamera utama dari si ponsel juga mengusung resolusi 100 MP. Adapun juga keunggulan yang dimiliki oleh OPPO Reno8 T 4G ini seperti dukungan fitur NFC, layar AMOLED, baterai awet dengan pengisian cepat 33W SuperVOOC, dan lain sebagainya. Harga dari OPPO Reno8 T 4G berdasarkan dari informasi yang penulis himpun adalah Rp4.899.000 rupiah.