0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

Harga dan Spesifikasi Xiaomi Redmi Pad SE Bertenaga Snapdragon 680 dan Baterai 8000 mAh

Harga dan Spesifikasi Xiaomi Redmi Pad SE Bertenaga Snapdragon 680 dan Baterai 8000 mAh - Setelah sukses merilis Xiaomi Redmi Pad dan Xiaomi Pad 6, kini Xiaomi Indonesia kembali merangsek pasar tablet kelas entry-level melalui seri Xiaomi Redmi Pad SE di pasar tanah air. Walaupun dijual dengan harga murah, tablet ini mampu menyajikan kualitas visual yang andal dengan layar berukuran 11 inci yang mengusung resolusi Full HD+ dengan refresh rate 90Hz yang imersif. Bahkan, itu juga sudah didukung oleh empat buah speaker serta mendukung Dolby Atmos.

Berbicara soal performa, tablet murah Xiaomi Redmi Pad SE masih terbilang kompeten di segmen entry-level dengan sokongan SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 680 octa-core dipadukan dengan memori RAM 4 GB saja. Tak hanya itu, sang tablet juga hadir dengan baterai besar berkapasitas 8000 mAh untuk memenuhi kebutuhan dayanya.

Harga dan Spesifikasi Xiaomi Redmi Pad SE Bertenaga Snapdragon 680 dan Baterai 8000 mAh

Xiaomi Redmi Pad SE menyajikan desain unibodi aluminium yang memiliki ketahanan berlebih dibandingkan plastik polikarbonat yang digunakan oleh beberapa tablet lainnya. Diketahui, perangkat yang menggunakan bahan aluminium umumnya hanya dimiliki oleh sebuah perangkat dengan harga yang tinggi atau mahal.

Dengan bahan aluminium, tentu saja bodi sang tablet punya ketahanan yang lebih kuat saat terbentur, tidak mudah bengkok, serta memiliki sensasi tekstur yang lebih menawan dan premium. Ukuran dari tablet ini pun tidak begitu besar dan masih mudah ketika dioperasikan tangan, yakni 255.5 x 167.1 x 7.4 mm dengan bobot 478 gram.

Tablet murah Xiaomi Redmi Pad SE ini pun hadir dalam tiga varian warna yaitu Lavender Purple, Graphite Gray, dan Mint Green. Desainnya pun dibuat lebih minimalis dengan housing kamera berdesain modern.

Xiaomi Redmi Pad SE juga telah mengusung spesifikasi layar superior dengan ukuran 11 inci pada aspek rasio 16:10 dengan panel IPS (In-Plane Switching) LCD yang mengusung resolusi WUXGA+ alias 1200 x 1920 piksel yang menawarkan kerapatan mencapai 207 ppi (pixel per inch) dengan kecerahan mencapai di angka 400 nits yang masih dapat diandalkan ketika dioperasikan di luar ruangan.

Layar tersebut pun sudah disematkan refresh rate 90Hz yang smooth. Sejumlah pesaingnya di harga serupa, sebut saja Advan Tab VX hanya mendukung refresh rate 60Hz saja. Untuk perihal warnanya, sang tablet sudah mengusung color depth 8-bit yang mendukung 70% NTSC color gamut. Layar memiliki kontras rasio 1.500:1 dengan rasio perbandingan bodi-ke-layar sebesar 84,4%.

Selain itu juga, tablet murah Xiaomi Redmi Pad SE rupanya mendatangkan sertifikasi TUV Rheinland untuk mengurangi efek kedipan yang dapat menganggu mata. Dari informasi yang penulis himpun melalui laman Nextpit.com, layar tablet ini bisa menampilkan warna yang menyala dengan tingkatan warna hitam yang pekat.

Performa yang ditawarkan oleh Xiaomi Redmi Pad SE menurut penulis masih bisa bersaing di kelas harganya berkat sokongan SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 680 SM6225 memiliki fabrikasi 6 nanometer yang mengusung octa-core prosesor yang terdiri dari quad-core Kryo 265 Gold berkecepatan 2,4 GHz dan quad-core Kryo 265 Silver berkecepatan 1,9 GHz dipadukan dengan RAM 4 GB LPDDR4X, serta diperkuat oleh pengolah grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 610.

Melansir dari Nextpit.com, Xiaomi Redmi Pad SE hasilkan skor GeekBench 6 sebesar 415 poin untuk single-core dan 1462 untuk multi-core. Itu juga mampu hasilkan angka 593 poin pada pengujian 3DMark Wild Life dan 592 poin pada pengujian 3DMark Wild Life Stress Test.

Apabila mengacu pada laman NanoReview, Qualcomm Snapdragon 680 ini memiliki skor AnTuTu v9 sebesar 268 ribuan, dan memiliki skor GeekBench 5 sebesar 371 poin untuk single-core dan 1545 poin untuk multi-core.

Sisi fotografi, tablet murah Xiaomi Redmi Pad SE dibekali dengan kamera utama berkekuatan 8 MP yang menggunakan sensor GalaxyCore GC08A3 berukuran 1/4 inci 1.12um piksel yang ditandemkan lensa 26mm pada bukaan aperture f/2.0, serta diperkuat oleh fitur autofocus.

Menilik pada bagian depan, terdapat sebuah kamera selfie berkekuatan 5 MP yang menggunakan sensor BSI CMOS berukuran 1/5 inci 1.12um piksel pada bukaan aperture f/2.2 fixed focus yang terbilang lebih dari cukup untuk video call atau online meeting.

Perlu diketahui bahwa tablet di segmen entry-level mayoritas umumnya hanya dibekali dengan RAM dan storage atau penyimpanan internal yang kecil. Ini wajar menurut penulis, karena memang umumnya tidak banyak pengguna yang menginstall banyak game atau aplikasi di dalam tablet.

Namun setelah melihat spesifikasi Xiaomi Redmi Pad SE, rupanya tablet ini dikemas dengan penyimpanan internal sebesar 128 GB dengan RAM berkapasitas 4 GB yang menurut penulis masih cukup untuk dioperasikan.

Untuk urusan daya, Xiaomi Redmi Pad SE rupanya dibekali dengan kapasitas baterai yang cukup besar di kelas harga entry-level, yakni 8.000 mAh. Mengingat layarnya yang besar, tak heran jika Xiaomi membawakan baterai sebesar itu pada tablet ini.

Tablet ini bahkan memiliki kapasitas baterai yang lebih besar dari Huawei MatePad SE 10.4 dengan baterai 5100 mAh. Lalu, Advan Tab VX pun hanya didukung baterai berkapasitas 6200 mAh. Ini menandakan kalau tablet ini bisa mengalahkan pesaingnya dalam hal penggunaan masa panjang. Namun, ia hanya mendukung pengisian standar 10W saja.

Xiaomi pun mengklaim bahwa tablet ini bisa bertahan hingga 21 jam ketika digunakan untuk pemutaran video lokal tanpa henti atau hingga 12 jam pada penggunaan gaming. Menghingat chipset yang digunakan memiliki fabrikasi rendah.

Kabar gembira bagi Anda yang hobi menonton film menggunakan earphone, ini dikarenakan Xiaomi Redmi Pad SE kini hadirkan port 3.5mm jack audio. Ini berarti earphone kabel yang biasanya Anda gunakan di HP juga bisa digunakan pada perangkat tablet.

Mengapa fitur ini cukup penting untuk dibahas? Sebab, Xiaomi Redmi Pad reguler tidak menyediakan port 3.5mm jack audio ini. Fitur ini juga berguna saat Anda hendak menghubungkan mikrofon eksternal pada tablet demi keperluan konten.

Tak hanya itu saja, terdapat juga slot microSD untuk melakukan ekspansi memori eksternal jika nantinya memang dibutuhkan.

Selain dibekali port 3.5mm jack audio, ia juga didukung oleh empat buah stereo speaker sebanyak empat buah. Satu pasang terletak di atas bawah, dan sepasang lagi ada di atas, jika tablet digunakan dalam posisi portrait.

Bukan hanya sekadar punya jumlah banyak, speaker itu juga dikemas dengan sertifikasi Dolby Atmos yang bisa meningkatkan kualitas audio saat menikmati aktivitas hiburan, misalnya saat menonton film, mendengarkan lagu, dan lain sebagainya.

Harga dan Spesifikasi Xiaomi Redmi Pad SE

Spesifikasi Xiaomi Redmi Pad SE

  • Rilis di Indonesia : 6 September 2023
  • Warna : Lavender Purple, Graphite Gray, dan Mint Green
  • Dimensi : 255.5 x 167.1 x 7.4 mm
  • Berat : 478 gram
  • Layar : IPS LCD dengan ukuran 11 inci beresolusi WUXGA+ alias 1200 x 1920 piksel, kerapatan 207 ppi, refresh rate 90Hz, 400 nits (typ)
  • Chipset : Qualcomm SM6225 Snapdragon 680 4G (6 nm), Octa-core (4x2.4 GHz Kryo 265 Gold & 4x1.9 GHz Kryo 265 Silver)
  • Grafis : Adreno 610
  • Sistem Operasi : Android 13, MIUI Pad 14
  • Memori : RAM 4 GB dan ROM 128 GB
  • Kamera Belakang : 8 MP, f/2.0, (wide), 1/4", 1.12µm, AF, 1080p@30fps
  • Kamera Depan : 5 MP, f/2.2, (ultrawide), 1/5", 1.12µm, 1080p@30fps
  • Baterai : Li-Po 8000 mAh, non-removable, 10W wired
  • Konektivitas : Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Bluetooth 5.0, A2DP, LE, USB Type-C, USB On-The-Go (OTG)
  • Sensor : Accelerometer, proximity (accessories only)

Harga Xiaomi Redmi Pad SE

Xiaomi Redmi Pad SE merupakan sebuah tablet di segmen entry-level yang dirancang untuk pengguna dengan budget terbatas, tetapi menawarkan performa memadai dari SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 680 dan layar WUXGA+ 90Hz yang imersif. Bukan hanya itu, tablet ini juga memiliki baterai besar di kelas harganya dengan dukungan baterai berkapasitas 8000 mAh. Harga tablet Xiaomi Redmi Pad SE terbaru di Indonesia berdasarkan dari informasi yang penulis himpun adalah Rp1.999.000 rupiah untuk varian RAM 4 GB dan ROM 128 GB. Penjualan perdana tablet ini digelar secara online maupun offline pada 9 September 2023 mendatang melalui toko resmi Xiaomi online, official store Xiaomi di e-commerce, dan toko offline.