0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ

Kelebihan dan Kekurangan Nokia C31 - Spesifikasi & Harga

HMD Global yang menaungi merek Nokia secara resmi memperkenalkan ponsel entry-level terbarunya di jajaran Nokia C series di Indonesia, yakni Nokia C21 Plus dan juga Nokia C31 yang akan penulis bahas pada ulasan kali ini. Ponsel yang satu ini hadir dengan desain menarik dengan layar waterdrop notch yang dipadukan dengan frame melengkung yang cukup nyaman ketika digenggam.

Kelebihan dan Kekurangan Nokia C31

Sebagaimana yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwasannya Nokia C31 ini adalah jajaran ponsel entry-level yang umumnya dibanderol dengan harga sejutaan. Dengan harga tersebut, tentu saja ini hadir dengan spesifikasi yang sederhana ketika digunakan untuk browsing, scrolling media sosial, video call, hingga bermain game ringan.

Jika diantara Anda ingin mengetahui secara detail mengenai Nokia C31, silahkan simak ulasan di bawah sampai habis secara seksama. Pembahasan kali ini adalah membahas mengenai kelebihan dan kekurangan Nokia C31 beserta spesifikasi dan harganya.

Kelebihan Nokia C31

Kelebihan Nokia C31

1. Bodi Kokoh

Nokia memang sudah dikenal memiliki reputasi sebagai ponsel yang sangat awet. Reputasi yang demikian ingin selalu ingin selalu dilestarikan oleh HMD Global selaku pemegang merek Nokia. Nah, apabila diantara Anda ingin memiliki sebuah ponsel yang awet dan digunakan untuk jangka panjang. Kandidat yang penulis rekomendasikan untuk Anda adalah Nokia C31 ini.

Alasannya karena bodi dari si ponsel tidak menggunakan material kaca yang mudah pecah, juga bukan logam yang gampang penyok. Di mana, seluruh bodinya dilapisi oleh bahan dengan material plastik polikarbonat seperti kebanyakan ponsel entry-level lainnya.

Terlebih lagi ponsel ini sudah mengantongi sertifikasi IP52. Sertifikasi ini diklaim akan baik-baik saja ketika si ponsel terkena debu. Bahkan, ia juga aman-aman saja ketika terkena percikan air dari segala penjuru arah.

2. Layar

Nokia C31 tampil dengan panel layar IPS (In-Plane Switching) LCD dengan bentang layar 6,7 inci yang memiliki resolusi HD+ alias 720 x 1600 piksel yang tidak jauh berbeda dari beberapa ponsel entry-level lainnya. Seperti yang sudah penulis singgung sebelumnya, layar depan dengan aspek rasio 20:9 ini menampilkan desain waterdrop notch alias poni tetesan air.

Sedikit informasi, layar dengan bentang 6,5 inci ke atas sudah masuk kategori ekstra lebar. Oleh karena itu, ponsel Nokia C31 yang memiliki layar 6,7 inci ini sangat cocok untuk digunakan menonton film dan lain sebagainya.

3. Dapur Pacu

Sisi perfoma, Nokia C31 ditenagai oleh SoC (System on Chip) Unisoc SC9863A. Penggunaan chipset ini terbilang lebih unggul daripada kebanyakan ponsel sejutaan lainnya yang biasanya ditenagai oleh SoC (System on Chip) MediaTek Helio P22 maupun Helio P25. Dengan SoC (System on Chip) Unisoc SC9863A, setidaknya Anda dapat merasakan perfoma yang lebih baik untuk aktivitas sehari-hari.

Unisoc SC9863A ini dibangun atas dasar fabrikasi 28 nanometer yang membuatnya kurang baik dalam hal efisiensi daya alias baterai terbilang lebih boros. Kendati demikian, arsistektur inti CPU (Central Processing Unit) miliknya terbilang handal lantaran membawakan kombinasi 4 (empat) inti high perfomance Cortex A55 (1.6 GHz) dan 4 (empat) unit hemat daya Cortex A55 (1.2 GHz).

Sebagai informasi tambahan, SoC (System on Chip) Unisoc SC9863A ini juga digunakan oleh beberapa ponsel entry-level lainnya seperti Realme Narzo 50iTecno Pop 5 LTEitel Vision 3Infinix Smart 6 HDSamsung Galaxy A04Infinix Smart 6, dan lain sebagainya.

4. Memori Lega

Di Indonesia sendiri, ponsel ini hanya memiliki satu konfigurasi memori saja yaitu RAM 4 GB dan penyimpanan internal sebesar 64 GB eMMC 5.1 yang tergolong terasa lega daripada RAM 3 GB dan ROM 32 GB.

Andai masih dirasa kurang, maka Anda bisa melakukan ekspansi memori eksternal berkat adanya slot microSD. Dengan begini, Anda dapat menambahkan microSD hingga berkapasitas 256 GB.

5. Kamera Bersaing

Lanjut ke sisi fotografi, Nokia C31 hadir kamera utama berkekuatan 13 MP dengan autofokus, kamera depth beresolusi 2 MP, sampai dengan kamera makro beresolusi 2 MP. Selanjutnya, di sisi depan terdapat sebuah kamera yang memiliki resolusi 5 MP dengan fungsi selfie, video call, dan lain sebagainya. 

Perihal perekaman video, kamera belakang dari Nokia C31 ini sanggup merekam video hingga resolusi 1080p@30fps. 

Kendati demikian, penulis tidak mendapatkan informasi lebih lanjut terkait resolusi perekaman video dari kamera depannya. Namun, penulis berasumsi bahwa kamera depan dari Nokia C31 sanggup merekam video hingga resolusi 720p yang mirip dengan Nokia C21 Plus.

6. Jaminan Update

Sejak awal merek Nokia ini bangkit pada tahun 2016 silam, HMD Global selaku pemegang merek Nokia berjanji memberi napas panjang untuk produk-produk buatannya. Tidak peduli apakah ponsel ini mahal maupun murah.

Nokia C31 pun terkena imbas positifnya. Sejak awal peluncurannya, ponsel ini sudah berjalan pada sistem operasi Android 12 murni alias tidak mendapatkan kustomisasi yang bisa memberatkan ponsel. 

Menariknya lagi adalah Nokia C31 mendapatkan jaminan update sistem keamanan. Pembaruan tersebut nantinya akan diberikan setiap 3 bulan sekali maupun 2 tahun sekali.

7. Baterai 5.050 mAh

Untuk memenuhi kebutuhan dayanya, Nokia C31 ditandemkan baterai berkapasitas 5.050mAh. Bahkan, ini diklaim sangat mendukung mobilitas pengguna karena memiliki daya tahan hingga 3 hari. Namun sayang, ponsel ini tidak dibekali fitur pengisian cepat. 

Pasalnya, Nokia C31 hanya mengandalkan pengisian standar yaitu 10W melalui port microUSB yang cukup jadul. Padahal, banyak sekali ponsel entry-level yang sudah mulai beralih menggunakan USB Type-C.

Kekurangan Nokia C31

Kekurangan Nokia C31

1. Port microUSB

Port dari Nokia C31 ini bisa dikatakan cukup jadul mengingat ponsel ini dirilis pada tahun 2022. Sebab, ia masih mengusung port microUSB 2.0 bukan USB Type-C 2.0 yang bisa dicolok secara bolak-balik tanpa perlu menyesuaikan.

2. Sensor Compass Absen

Berbicara soal sensor, Nokia C31 ini hadir dengan sensor pemindai sidik jari yang diletakkan di belakang, accelerometer, sampai dengan proximity. Namun sayang, sensor compass atau kompas turut absen pada Nokia C31.

Absennya sensor compass tentu saja akan menjadi kekurangan pada ponsel ini. Pasalnya, Anda tidak dapat membaca atau mengetahui arah mata angin pada saat ponsel ini tidak terhubung ke koneksi internet.

Spesifikasi Nokia C31

Spesifikasi Nokia C31

  • Warna : Cyan, Charcoal.
  • Dimensi : 169.2 x 78 x 8.6 mm.
  • Berat : 200 gram
  • Layar : IPS LCD, 720 x 1600, 6.7 inci.
  • Chipset : Unisoc SC9863A (28 nm).
  • GPU : IMG 8322.
  • RAM : 4 GB.
  • ROM : 64 GB.
  • OS : Android 12.
  • Baterai : Li-Po 5050 mAh.
  • Kamera Belakang : 13 MP + 2 MP + 2 MP.
  • Kamera Depan : 5 MP.

Harga Nokia C31

Harga Nokia C31

Nokia C31 adalah sebuah ponsel entry-level yang ditandemkan baterai berkapasitas 5.050 mAh yang sedikit lebih unggul dari pesaingnya yang ditandemkan baterai 5.000 mAh maupun 4.500 mAh. Dilansir dari laman resmi Nokia Indonesia, Nokia C31 ini dibanderol dengan harga Rp1.699.000 rupiah untuk varian RAM 4 GB dan ROM 64 GB.

Related Posts
Mahesa Putra
Sangat menyukai hal-hal yang berhubungan dengan teknologi, khususnya smartphone. Kini menjadi penulis aktif di Ponselesa.com.

Related Posts